London (ANTARA News/AFP)- Pasar-pasar saham utama Eropa naik tipis pada Kamis waktu setempat, setelah indikator utama AS memberikan kesan bahwa pemulihan di ekonomi terbesar dunia itu dapat terus terjaga.

Indeks FTSE 100 di London bertambah 0,06 persen menjadi ditutup pada 4.280,86 poin sementara di Paris indeks CAC 40 naik 1,04 persen menjadi 3.194,06. Indeks Dax di Frankfurt naik 0,78 persen berakhir pada 4.837,48.

Bursa Eropa lainnya, naik 0,82 persen di Brussels, naik 1,11 persen di Milan, naik 1,41 persen di Swiss dan meningkat 1,09 persen di Madrid.

Pada pertengahan perdagangan di Wall Street, Dow Jones Industrial Average telah naik 0,81 persen menjadi 8.565,88 sementara indeks teknologi berat Nasdaq telah bergerak ke arah berlawanan turun 0,27 persen menjadi 1.803,11.

Kecenderungan menguat mencerminkan respon para investor terhadap indeks indikator-indikator utama dari lembaga riset swasta The Conference Board yang mengukur kondisi ekonomi dalam beberapa bulan mendatang.

Dikatakan, data Mei naik 1,2 persen dari tahun sebelumnya, menekuk ekspektasi pasar naik 1,0 persen.

Conference Board mencatat bahwa indeks telah meningkat pada April ini untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan, melalui revisi 1,1 persen.

Indeks, yang telah cenderung turun sejak mencapai puncaknya pada Juli 2007, "telah meningkat tajam dalam dua bulan terakhir di tengah meluasnya kekuatan antar komponen," kata lembaga riset.

"Dengan kenaikan besar dan luas ini, merubah indeks selama enam bulan menjadi positif untuk pertama kalinya dalam dua tahun," sejak April 2007.

Otoritas AS berharap ekonomi terbesar dunia itu melanjutkan kembali pertumbuhan moderat di paruh kedua tahun ini, setelah merosot ke dalam resesi pada Desember 2007.

Federal Reserve memperkirakan ekonomi AS akan mengalami kontraksi antara 1,3 hingga 2,0 persen pada 2009 dan mencatat kenaikan moderat 2,0 hingga 3,0 persen pada 2010.

Dalam berita lainnya yang dianggap positif bagi sentimen pasar, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa klaim awal untuk asuransi tunjangan pengangguran naik menjadi 608.000 dalam pekan yang berakhir 13 Juni, jauh melebihi prakiraan analis 604.000 klaim baru.

Namun demikian, laporan menunjukkan sebuah penurunan mengejutkan dalam jumlah klaim pengangguran lanjutan dari bulan sebelumnya di posisi tertinggi selama ini.

"Ini masih sebuah level tinggi dari lanjutan klaim yang membingungkan, tetapi dalam hal ini, itu memenuhi syarat sebagai berita hari ini yang relatif baik, sejak tanda penurunan pertama klaim 3 Januari," kata Patrick O`Hare dari Briefing. com.

"Sudah jelas sekarang bahwa kecepatan dari pengurangan pegawai (PHK) telah melambat. Hal itu juga sangat jelas bahwa pasar tenaga kerja masih dapat dianggap lemah."

Di Paris, saham klub liburan Club Mediterranee naik 6,93 persen di tengah beruta bahwa modalwan Bernard Tapie telah membeli kepemilikan saham klub tersebut sekitar 1,0 persen.

Raksasa ruang angkasa EADS bertambah 1,38 persen setelah maskapai penerbangan biaya rendah Hungaria Wizz Air menandatangani sebuah perjanjian untuk membeli 50 pesawat angkut sedang dari EADS Airbus. Pesanan akan memiliki katalog harga 3,8 miliar dolar AS.

Produsen ban Michelin begerak berlawanan arah, merosot 1,73 persen. Kepala perusahaan Michel Rollier memperingatkan bahwa pasar ban pasar tidak mungkin menguat sebelum tengah tahun depan.

Di Frankfurt grup energi Eon meningkat 2,31 persen, Deutsche Telekom 2,89 persen dan Deutsche Bank 3,45 persen di tengah kenaikan penilaia prospek ekonomi global.

Tetapi BASF, grup kimia terkemuka di dunia, turun 1,02 persen.

Bos perusahaan Jurgen Hambrecht berkeras masih tidak ada alasan untuk menganggap bahwa kondisi terburuk dari krisis ekonomi global telah berlalu.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009