Tentu kita berharap pandemi ini segera berakhir
Jakarta (ANTARA) - PT Astra International Tbk. menyalurkan bantuan 30 unit ventilator kepada tiga rumah sakit dalam rangka membantu penanggulangan pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia.

"Astra melalui Nurani Astra pada hari ini Senin (27/4), menyalurkan bantuan tahap ketiga untuk pencegahan penyebaran COVID-19 berupa 30 unit ventilator senilai Rp13 miliar kepada tiga rumah sakit dalam rangka membantu pasien positif COVID-19 yang dirawat di institusi kesehatan tersebut," ujar Head of Corporate Communications PT Astra International, Boy Kelana Soebroto dalam konferensi pers virtual bersama awak media di Jakarta, Senin.

Menurut dia, bantuan tahap ketiga ini diserahkan setelah Astra sebelumnya menyalurkan bantuan tahap awal dan kedua yang totalnya mencapai Rp93 miliar. Dengan tambahan bantuan tahap ketiga tersebut maka total bantuan Astra untuk menangani pencegahan penyebaran COVID-19 dan membantu pasien COVID-19 telah mencapai lebih dari Rp106 miliar.

"Segala bentuk bantuan Astra merupakan wujud keseriusan kami untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam mencegah penyebaran COVID-19, mempercepat penanganan pasien COVID-19 dan meringankan beban sosial masyarakat.Tentu kita berharap pandemi ini segera berakhir," katanya.

Astra menyerahkan bantuan ventilator kepada RSPAD Gatot Subroto sebanyak 15 unit, kemudian RS Darurat Wisma Atlet sebanyak 10 unit dan RSPI Sulianti Saroso sebanyak lima unit.

Penyerahan ventilator kepada tiga rumah sakit tersebut dilakukan secara bertahap oleh Chief Corporate Human Capital Development PT Astra International Aloysius Budi Santoso didampingi oleh Direktur PT United Tractors Tbk. Edhie Sarwono, dan untuk penyerahan kepada RSPAD Gatot subroto sudah diterima oleh Wakil Kepala RS Kepresidenan RSPAD Gatot Subroto, Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya.

Kemudian penyerahan 10 ventilator kepada RS Darurat Wisma Atlet akan diterima oleh Koordinator RS Darurat Penanggulangan COVID-19 Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayor Jenderal TNI dr Bambang Dwi Hasto.

Sedangkan penyerahan lima ventilator ke RSPI Sulianti Saroso akan diterima oleh Direktur Utama RSPI Muhammad Syahril.

Sebelumnya pada bantuan tahap awal, Astra juga sudah menyerahkan bantuan berupa alat pencegahan penyebaran COVID-19 kepada BNPB, Kementerian Kesehatan, RSUP Persahabatan, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia, serta donasi sebesar Rp40 miliar melalui yayasan yang menampung dan mengelola bantuan-bantuan dari perusahaan di Indonesia.

Sedangkan bantuan tahap kedua, Astra menyerahkan donasi senilai Rp35 miliar secara bertahap kepada Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Penyakit Tropik Infeksi (RSPTI) RS Universitas Airlangga Surabaya.

"Pastinya dukungan Astra untuk penanganan COVID-19 ini meringankan dampak sosial bagi masyarakat dan menggalang semangat saling bantu sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra, dan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa," ujar Boy Kelana Soebroto.

Baca juga: ACC bantu warga terdampak COVID-19 hingga sumbang APD
Baca juga: Grup Astra Financial sumbang sembako dan masker Rp2 miliar untuk Sumut
Baca juga: Lepas rem tangan hingga jaga tekanan ban, tips rawat mobil selama PSBB

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020