Padang, (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan akan memberikan pelatihan keterampilan membuat peti mati kepada personelnya di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.

"Kita sudah bersinergi dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang melatih Polwan membuat masker dan sukses. Kita akan latih lagi polisi untuk membuat peti mati," katanya di Padang, Senin.

Menurut dia, pandemi COVID-19 masih berlangsung dan belum selesai, sehingga harus ada upaya yang dilakukan.

Baca juga: Polwan Polda Sumbar buat 2.700 masker selama pelatihan di BLK

Ia mengatakan orang yang meninggal yang mengikuti protokol COVID-19 dikubur menggunakan peti mati.

"Kita coba untuk membantu," kata dia.

Sebelumnya, sejumlah personel Polwan Polda Sumbar yang mengikuti pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang selama dua pekan berhasil membuat 2.700 masker yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Baca juga: Polda Sumbar latih keselamatan berkendara ribuan pengemudi angkutan

Ia mengatakan pemberian pelatihan ini sebagai upaya Polda Sumbar untuk membantu penyediaan masker yang nantinya akan diserahkan kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran COVID-19

"Alhamdulillah target kita tercapai, anggota sekarang sudah memiliki keterampilan menjahit masker. Kondisi saat ini masker sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari," kata dia.

Baca juga: Polda Sumbar catat 10.799 kali bubarkan massa cegah COVID-19

Ia mengatakan pandemi COVID-19 yang terus berjalan dapat membuat persediaan masker menjadi langka di Sumbar.

"Kita akan bagikan masker ini kepada masyarakat dan juga kepada personel. Kita akan kembali produksi untuk membantu persediaan masyarakat," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020