Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari Peter Batubara menargetkan penyaluran bantuan sosial sembako kepada 1,2 juta keluarga di wilayah DKI Jakarta untuk tahap I akan selesai pada 5 Mei 2020.

"Bansos sembako sudah berjalan sejak Senin (20/4) lalu, seminggu lalu, untuk 1,2 juta keluarga di Jakarta. Kami harapkan tanggal 4 atau 5 Mei tahap pertama sudah selesai dan dilanjutkan tahap kedua," ujar Mensos dalam konferensi pers melalui video di Jakarta, Senin.

Mensos menyampaikan bantuan sosial sembako untuk wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dilaksanakan Tanggal 1 Mei dan akan berjalan selama dua pekan.

Secara umum Mensos menjelaskan bansos sembako bagi warga Jabodetabek ini masuk dalam kategori bansos tambahan untuk menanggulangi dampak COVID-19.

Selain bansos sembako, pemerintah juga menyalurkan bansos tunai bagi daerah di luar Jabodetabek untuk menanggulangi dampak COVID-19.

Khusus bansos tunai ini, pemerintah menyalurkan dana secara hati-hati agar tepat sasaran. Pemerintah pusat memeprsilakan pemerintah daerah untuk melakukan pendataan jumlah masyarakat penerima bansos tersebut.

Mekanisme penyaluran dana bansos tunai sendiri dilakukan melalui kantor pos, khususnya bagi keluarga yang tidak memiliki rekening di bank anggota Himbara.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020