Cara agar bibir tak kering saat berpuasa

Cara agar bibir tak kering saat berpuasa

Ilustrasi bibir kering (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Selama Ramadhan, salah satu keluhan seputar kecantikan yang paling sering didengar adalah bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir memang sangat rentan menjadi kering, karena tidak seperti area kulit lainnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya.

Selain itu, kulit bibir ternyata 15 kali lebih tipis dari kulit lain di tubuh kita, sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra, terutama selama bulan suci saat tingkat hidrasi berada pada titik terendah.

Untungnya, ada beberapa cara untuk membantu Anda melawan kulit yang keriput, dehidrasi, dan bibir kering seperti dilansir dari ArabNews.

1. Minum banyak air

Cara terbaik untuk memerangi bibir kering yang pecah-pecah adalah dengan meningkatkan asupan air selama berbuka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter air per hari akan membuat Anda tetap terhidrasi.

Selain minum banyak air putih, konsumsi sup sayur dan banyak buah juga berperan penting untuk meningkatkan hidrasi.

2. Gunakan scrub bibir

Pengelupasan bibir dengan menggunakan scrub dapat membantu membuat bibir lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembaban alaminya.

Anda bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur seperti madu, minyak kelapa, dan gula dengan jumlah yang sama. Campur seluruh bahan, dan oleskan campuran itu ke bibir Anda secara perlahan. Setelah melakukan scrubing pada bibir, jangan lupa kenakan pelembap bibir.

Baca juga: Rahasia lipstik agar Anda terlihat lebih muda saat rapat virtual

Baca juga: Tips sembuhkan bibir pecah-pecah

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar