Jakarta (ANTARA) - Penerbit Erlangga Group menyalurkan bantuan berupa alat dan barang penelitian ke Universitas Indonesia (UI) yang sedang mengembangkan vaksin COVID-19.

"UI saat ini melakukan penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19, oleh karena itu sesuai komitmen kami sebelumnya, apabila ada lembaga lain yang benar-benar mendedikasikan diri untuk melakukan penelitian mengenai vaksin COVID-19, sebisa mungkin akan dibantu," kata Assistant Managing Director Penerbit Erlangga Rikki L Tobing dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: UI luncurkan Laboratorium Bioimaging pertama di Indonesia

Baca juga: Bottega Veneta berdonasi Rp5 miliar untuk riset vaksin COVID-19

Sebelumnya, menurut dia, selain memberikan donasi kepada penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19, juga menyerahkan sumbangan kepada Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) guna membantu tenaga kesehatan dalam merawat dan mengobati pasien COVID-19.

Rikki mengatakan donasi ini merupakan aksi lanjutan dari kepedulian perusahaan terhadap percepatan penelitian dan pengembangan vaksin COVID-19. Sebelumnya donasi serupa diberikan kepada Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dan Tim Penelitian COVID-19 Sumatera Utara.

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk tetap bersatu melawan COVID-19. “Indonesia pasti bisa. Semangat!”

Baca juga: Menlu Retno dorong akses obat, vaksin COVID-19 bagi negara berkembang

Baca juga: WHO sebut tiga vaksin COVID-19 diuji coba, 70 masuk tahap pengembangan


Bantuan diserahkan pihak Erlangga Group kepada Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran UI dr. Anis Karuniawati SpMK, Ph. D.

"Kami di fakultas menyambut baik, sangat berterima kasih, mengapresiasi, dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada Erlangga atas dukungan untuk penelitian terhadap vaksin COVID-19," ujar dr. Anis.

 

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020