Pertamina EP sumbangkan Rp2 miliar untuk penanganan COVID-19

Pertamina EP sumbangkan Rp2 miliar untuk penanganan COVID-19

Public Relations Manager PT Pertamina EP, Hermansyah Y Nasroen (kedua kanan) saat menyerahkan bantuan alat kesehatan untuk penanganan pandemi COVID-19 di Jakarta, Selasa (21/4/2020). ANTARA/HO-Pertamina EP/am.

Bantuan diberikan kepada rumah sakit rujukan, pemerintah daerah, relawan, dan masyarakat terdampak COVID-19,...
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) sekaligus kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas telah menyalurkan bantuan senilai lebih dari Rp2 miliar untuk penanganan COVID-19.

Bantuan diberikan kepada rumah sakit rujukan, pemerintah daerah, relawan, dan masyarakat terdampak COVID-19, beberapa di antaranya melibatkan mitra binaan program CSR perusahaan.

Public Relations Manager PT Pertamina EP, Hermansyah Y Nasroen dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Senin, mengatakan ada beberapa jenis bantuan yang diberikan perusahaan di sembilan provinsi.

Baca juga: Bantu penanganan COVID-19, Pertamina EP libatkan mitra binaan

Jenis bantuan yang diberikan adalah Alat Pelindung Diri (APD), hand sanitizer, paket disinfektan, masker, paket sembako, dan paket alat pendukung kesehatan.

“Hingga 21 April 2020, kami telah memberikan bantuan 5.915 hand sanitizer berbagai ukuran dari 50 mililiter hingga 5 liter, 189 paket disinfektan berikut peralatannya, 24.725 masker, 4.501 berbagai macam jenis APD, 2.414 paket sembako termasuk vitamin, susu, dan jamu herbal serta 78 paket alat pendukung Kesehatan termasuk thermometer dan media sosialisasi spanduk imbauan,” ujar Hermansyah.

Pada Selasa (21/4), Pertamina EP menyerahkan bantuan kepada PT Pertamina Bina Medika IHC. Bantuan yang diberikan berupa Set APD, hand sanitizer, masker medis, dan cairan disinfektan.

Hermansyah berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi tenaga medis. Pemberian bantuan ini juga dapat memotivasi semangat tenaga medis untuk bekerja secara maksimal dengan perlindungan yang memadai.

“Tentunya, ini juga merupakan bentuk kepedulian perusahan terhadap kondisi pandemik, khususnya kepada para pejuang tenaga kesehatan yang mendedikasikan diri untuk Kesehatan masyarakat khususnya dalam penanganan pandemi COVID-19 ini,” ujarnya.

Baca juga: Pertamina EP raih enam penghargaan kehumasan PRIA 2020

Sementara itu, Direktur Keuangan Pertamina Bina Medika, Catur Dermawa memberikan apresiasi atas bantuan yang diterima dari Pertamina EP.

Dengan kondisi saat ini, bantuan yang didapat sangat membantu para tenaga medis.

“Dengan risiko bahaya terpaparnya para tenaga medis yang berhadapan dengan para pasien, bantuan ini amat bermanfaat dan berguna,” ujarnya.

Bantuan Pertamina EP ke Pertamina Bina Medika diserahkan langsung ke Rumah Sakit Pertamina Jaya dan Klinik Pertamina Sinabung Jakarta.

Sebagian produk bantuan berupa APD untuk rumah sakit tersebut hasil dari tangan-tangan terampil LKP Assholahiyah Karawang binaan Pertamina EP Asset 3 Subang Field yang dikoordinasikan oleh Siti Marini.

“Kami mengikuti spesifikasi dan bahan yang disyaratkan untuk digunakan petugas medis. Alhamdulillah, kami kebanjiran order, tidak hanya dari Karawang tapi juga dari Pertamina Group dan instansi lain,” kata Siti.

Baca juga: Pertamina prediksi konsumsi BBM turun 20 persen akibat larangan mudik

Pelibatan mitra binaan program CSR dalam penanganan COVID-19 juga dilakukan oleh Pertamina EP Asset 1 Jambi Field yang memproduksi masker batik. Tinah, Koordinator Kelompok Batik Serumpun Berlian binaan Pertamina EP Asset 1 Jambi Field, mengatakan kondisi pesanan bahan atau pakaian turun sejak COVID-19 melanda.

“Berkat anjuran pemerintah menggunakan masker kain, kami ubah bahan batik yang diproduksi menjadi masker kain berbagai macam motif khas Jambi yang aman dan nyaman digunakan,” katanya.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Transaksi SPBU secara nontunai di Malang Raya meningkat drastis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar