Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 27/4) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, diawali prediksi Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin jika warga miskin bertambah dampak pandemi Corona hingga Menhub Budi Karya Sumadi ikut rapat perdana pascapulih dari COVID-19.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

Wapres: Jumlah orang miskin bertambah karena pandemi COVID-19

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memprediksi jumlah orang miskin di Indonesia bertambah akibat pandemi COVID-19 karena banyak masyarakat kehilangan mata pencaharian sebagai dampak dari kebijakan-kebijakan untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

"Banyak orang kehilangan pekerjaan dan banyak warung kecil yang tutup. Jadi, jumlah orang miskin pun makin bertambah. Mungkin di sekitar kita juga banyak orang yang terdampak Corona ini," kata Wapres Ma'ruf di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

​​​​​​
Ridwan Kamil perpanjang PSBB Bogor, Depok, Bekasi selama 14 hari

Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, memastikan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, serta Kota dan Kabupaten Bekasi (Bodebek) akan diperpanjang selama 14 hari mulai Rabu, 29 April 2020.

"PSBB Bodebek akan diperpanjang 14 hari ke depan mulai Rabu besok, sudah diputuskan," kata dia, di Bandung, Senin.

Selengkapnya di sini


Presiden berhentikan anggota KPAI Sitti Hikmawatty

Presiden Joko Widodo resmi memberhentikan secara tidak hormat salah satu anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) periode 2017-2022, Sitti Hikmawatty.

Keputusan tersebut dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 43/P Tahun 2020 yang ditandatangani pada 24 April 2020.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama yang dihubungi Antara di Jakarta, Senin, membenarkan mengenai terbitnya Keppres tersebut.

Selengkapnya di sini


Wakil Ketua MPR ingatkan Pemerintah harus fokus tangani COVID-19

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Hidayat Nur Wahid mengingatkan Pemerintah agar lebih fokus terhadap penanganan Virus Corona, sebagaimana Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadikan pandemi COVID-19 sebagai bencana nasional.

Hidayat yang akrab disapa HNW dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Senin, mengatakan fokus itu semestinya dilakukan Pemerintah dan DPR dengan menunda keseluruhan pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja.

Selengkapnya di sini


Menhub Budi Karya sudah ikut rapat kabinet terbatas

Menteri Perhubungan (Mehub) Budi Karya Sumadi yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 sudah mengikuti rapat kabinet terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Beliau sudah sehat dan sekarang ikut rapat intern kabinet. Ini kami masih rapat intern," kata Menteri Sosial Juliari Batubara saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020