Solo (ANTARA) - Polda Jawa Tengah menggelar bakti sosial (Baksos) bersama TNI dan anggota masyarakat memberikan dukungan dan semangat dengan menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis dari 11 rumah sakit di Solo Raya.

Kepala Polda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dalam kegiatan Baksos penyerahan bantuan APD tersebut didampingi Danrem 074/ Warastratama Brigjen TNI Rafael Gradana Baay, Wakil Wali Kota Surakarat Achmad Purnomo, putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, para Kapolres Solo Raya, dan 11 direktur RS, di Markas Polres Kota Surakarta, Selasa.

Menurut Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel untuk yang kedua kali pelaksanaan Baksos, dengan bertema "Polda Jateng Peduli Tenaga Medis" dalam rangka penanganan wabah COVID 19.

"Kami seperti biasa bersama TNI, dan anggota masyarakat yang peduli terhadap tenaga medis yang ada terdepan melawan COVID-19," kata Kapolda.

Pihaknya melakukan Baksos di wilayah Surakarta bersama Danrem 074/Warastratama Brigjen TNI Rafael Granada Baay, dan anggota masyarakat Gibran Rakabuming Raka atau putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami memberikan bantuan dalam bentuk APD, vitamin-vitamin, ada sepatu bot, pelindung muka, masker, hand sanitizer. Bantuan dari warga masyarakat, Gibran Rakabuming Raka juga memberikan vitamin, masker, sabun, hand sanitizer, dan juga baju APD jumlah banyak," kata Kapolda.

Oleh karena itu, Kapolda mengucapkan terima kasih kepada anggota masyarakat dalam hal ini, Gubran Rakabuming yang peduli terhadap penanganan wabah COVID-19 di Solo Raya ini.

Menurut Kapolda jumlah bantuan tersebut mungkin tidak terlalu banyak, tetapi pihaknya ingin memberikan dukungan khusus kepada para tenaga medis dengan memberikan semangat dalam berjuang memberikan bantuan kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Kapolda berharap bantuan tersebut dapat memberikan semangat, juga rasa kebersamaan semuanya dalam penanganan wabah COVID-19 ini. Kegiatan ini, akan terus dilaksanakan, dan Polda Jateng yang kedua di Solo Raya setiap Hari Selasa dan Jumat.

Putra sulung Prsiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengatakan hari ini bersama Bapak Kapolda Jateng memberikan bantuan sejumlah peralatan APD ada masker dan vitamin.

"Saya berharap musibah ini, segera berlalu. Saya yang jelas setelah Solo ditetapkan status KLB, saya fokus untuk kegiatan kemanusiaan," kata Gibran, yang juga bakal calon Wali Kota Surakarta Pilkada 2020.

Rumah sakit yang mendapatkan bantuan APD untuk wilayah Solo, yakni RS Oen Kandang Sapi, RS Kasih Ibu, RSUD Ngipang, RS DKT, RS PKU Muhammdiyah Banjarsari. Wilayah Sukoharjo, yakni RSUD Ir Soekarno, RS UNS, sedangkan Karanganyar, yakni RSUD Karanganyar, dan PKU Muhammadiyah Karanganyar.

RS Boyolali yang menerima bantuan dalam kegiatan Baksos Polda yakni RSUD Pandan Arang, RS Darurat COVID-19 Rusunawa.

Baca juga: Kapolda: Pengikut Raja Keraton Agung Sejagat dipungut puluhan juta

Baca juga: Kapolda Jateng tinjau lokasi banjir di Pekalongan

Baca juga: Kapolda Jateng lantik 660 bintara baru

Baca juga: Polda Jateng siap mengamankan tahapan Pilkada Serentak 2020

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020