Helicap juga mengumumkan penunjukan Ilham Akbar Habibie sebagai penasehat khusus (special advisor) di jajaran direksi perusahaan
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan penyedia pinjaman alternatif berbasis teknologi (fintech), Helicap memperoleh suntikan modal senilai 10 juta dolar AS dalam putaran pendanaan seri A yang dipelopori oleh Saison Capital.

"Kami sangat bangga dengan keikutsertaan Credit Saison di lini investor papan atas dan kami segera mengumumkan sejumlah inisiatif strategis dengan Saison Capital," ujar CEO dan Co-Founder Helicap, David Z. Wang dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan bahwa dengan suntikan modal sebesar 10 juta dolar AS itu maka total dana terkini yang dimiliki Helicap mendekati 18 juta dolar AS.

"Suksesnya putaran Seri A itu dilatarbelakangi kami yang memperoleh izin usaha Registered Fund Management Company (RFMC) dari otoritas MAS (Monetary Authority of Singapore) untuk anak usaha manajemen investasi kami, serta mengantongi izin usaha pasar modal untuk jasa jual-beli produk pasar modal dengan akuisisi kami atas Arcor Capital," paparnya.

Penyertaan modal itu, lanjut dia, menambah keberhasilan anak usaha RFMC dalam mengumpulkan dana kelolaan (asset under management/AUM) di tengah COVID-19.

"Membuktikan kepercayaan investor terhadap tim investasi dan model bisnis kami. Dengan diperkuatnya neraca keuangan Helicap, kami mantap menghadapi badai ekonomi saat ini," ucapnya.

Saison Capital merupakan perusahaan ventura yang merupakan anak usaha pembiayaan konsumen Credit Saison dari Jepang. Managing Director Credit Saison Asia Pacific dan Managing Partner Saison Capital, Kosuke Mori telah bergabung dalam Jajaran Direksi Helicap.

"Kami bangga menjadi mitra pertumbuhan jangka panjang Helicap dan kami akan terus mendukung dengan menyediakan akses serta fasilitas yang lebih luas lagi untuk berbagai potensi kerjasama guna menangkap peluang-peluang strategis," kata Kosuki Mori, yang juga anggota direksi baru di Helicap.

Sementara itu, Helicap juga mengumumkan penunjukan Ilham Akbar Habibie sebagai penasehat khusus (special advisor) di jajaran direksi perusahaan. Ilham Habibie akan menjadi penasihat Helicap untuk Indonesia.

Baca juga: Pemerintah perlu perkuat perlindungan data nasabah fintech
Baca juga: AFPI: Fintech beda dengan bank soal restrukturisasi pinjaman daring
Baca juga: Pelaku usaha fintech bantu Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Rp250 juta

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020