Paris (ANTARA News/AFP) - Airbus mengatakan Senin, pihaknya telah menandatangani sebuah rancangan kesepakatan dengan bank ICBC China untuk dapat memberikan 3,0 miliar dolar AS (2,2 miliar euro) untuk membiayai akuisisi pesawat Airbus oleh operator China.

"Airbus hari ini menandatangani perjanjian dengan Industrial and Commercial Bank of China ... meliputi kerja sama dalam pembiayaan dan penyewaan pesawat terbang," kata produsen pesawat terbang Eropa dalam sebuah pernyataannya.

Dikatakan, anak perusahaan ICBC, ICBC Leasing dapat menyediakan pembiayaan yang meliputi sampai 70 pesawat A320 yang diproduksi di China selama lima tahun, sebuah komitmen yang akan senilai 3,0 miliar dolar AS.

Pada Selasa, Airbus dijadwalkan untuk menyampaikan rakitan pertama A320 pada pabriknya di China.

Pesawat, yang dibuat di pabrik di Tianjin utara, satu-satunya pabrik Airbus di luar Eropa, akan dikirim ke Dragon Aviation Leasing dan akan muluk oleh Sichuan Airlines, sebuah daerah Cina udara operator dan akan diterbangkan oleh Sichuan Airlines, sebuah maskapai penerbangan regional.

Sepuluh pesawat A319/320 jarak menengah akan dikirikan sebelum akhir tahun ini, sebelum pabrik mulai membuat hingga empat pesawat satu bulan sebelum akhir 2011.

Pabrik Tianjin, pabrik model Airbus di Hamburg, Jerman, memiliki investasi sebesar hampir 10 miliar yuan (1,47 miliar dolar) dan mulai beroperasi pada September di hadapan Perdana Menteri Wen Jiabao.

Pabrik usaha patungan, sekitar 120 kilometer (72 mil) tenggara Beijing, adalah 51 persen dimiliki oleh Airbus, anak perusahaan dari grup Eropa EADS, dan 49 persen oleh konsorsium penerbangan China.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009