Pasuruan (ANTARA) - Jumlah warga Kabupaten Pasuruan berstatus positif COVID-19 bertambah dua orang, setelah hari ini dua orang tersebut dinyatakan sebagai pasien positif COVID-19, sehingga jumlah totalnya mencapai 14 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad, Selasa mengatakan, dua orang pasien itu terdiri dari satu laki-laki, warga Kecamatan Gempol dan satu laki-laki, warga Kecamatan Rembang.

"Untuk laki-laki warga Gempol berprofesi sebagai petani dan merupakan PDP (pasien dalam pengawasan) COVID-19 yang dirawat di RSUD Bangil sejak 18 April 2020 hingga hasil swab keluar pada Senin (27/04) siang dengan hasil positif," katanya.

Baca juga: Jubir: Seorang PDP di Pasuruan meninggal dunia
Baca juga: Tambah tiga orang, pasien positif COVID-19 di Magetan-Jatim jadi 33


Ia mengatakan, warga Gempol ini punya keluhan nyeri ulu hati, batuk, sakit tenggorokan, dan memiliki penyakit penyerta berupa pneumonia dan diabetes melitus atau kencing manis

"Lain halnya dengan warga Rembang seorang pekerja rumahan, dan mengaku pernah melakukan kontak erat dengan salah satu pasien positif COVID-19 di RSUD Bangil. Hanya saja, meski berstatus positif sejak hasil swab keluar pada Senin (27/04), kondisi pasien tersebut dalam keadaan stabil atau OTG (orang tanpa gejala)," katanya dalam siaran pers.

Ia menjelaskan, terhadap 2 warga terkonfirmasi positif COVID-19, petugas survaillance langsung melakukan tracing dan tracking terhadap siapa saja yang memiliki kontak erat dengan pasien tersebut.

"Kami telusuri siapa saja yang punya kontak erat dengan pasien positif COVID-19. Mulai dari saudara, keluarga sampai tetangga dan orang yang pernah berhubungan langsung atau bertemu dengan pasien terkonfirmasi COVID-19," katanya.

Ia menjelaskan, selain tambahan dua pasien terkonfirmasi COVID-19, kenaikan juga terjadi pada jumlah PDP (pasien dalam pengawasan) COVID-19 yakni sebanyak dua orang.

Baca juga: Santri Ponpes Temboro Magetan-Jatim jalani "rapid test" COVID-19
Baca juga: Ratusan warga mengantre beli sembako murah Lumbung Pangan Jatim
Baca juga: Polda Jatim evaluasi PSBB hari pertama di "Surabaya Raya"

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020