Tim medis jadi semakin percaya diri berjuang melayani pasien wabah COVID-19
Tanjungpinang (ANTARA) - TNI Angkatan Udara kembali mendistribusikan bantuan dengan total 5.000 alat pelindung diri (APD) penanganan COVID-19 untuk Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Baseops Lanud Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang, Selasa.

“Hari ini kita melaksanakan operasi dukungan udara dalam rangka mendukung kegiatan penanggulangan wabah COVID-19 dengan mendistribusikan dan menyerahkan dukungan sebanyak 5.000 APD dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 TNI Angkatan Udara bernomor ekor A-1318," tutur Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang Kolonel Pnb Andi Wijanarko di Tanjungpinang, Selasa.

Setelah diturunkan dari pesawat, secara langsung 5.000 APD dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pusat tersebut langsung diserahterimakan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kepri 3.700 APD, Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang 1.000 APD, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan 300 APD.

“APD ini didistribusikan sesuai dengan surat perintah yang kami terima dari Mabes TNI. Semoga dengan kegiatan ini dapat menambah semangat dan motivasi para tenaga medis kita yang berjuang di garda terdepan untuk mendapatkan perlindungan diri dalam rangka menghadapi COVID-19 ini,” kata dia.

Baca juga: Pesawat Hercules angkut bantuan alkes dan APD untuk Maluku Utara

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudiana mengapresiasi semua pihak yang sudah ikut peduli dalam penanganan pandemi COVID-19 di daerah itu.

"Saya ucapkan terima kasih kepada TNI AU yang telah memfasilitasi distribusi APD dari pusat ke daerah. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi daerah kita yang memang sangat butuh sekarang ini," kata dia.

Bantuan APD itu, kata dia, berguna bagi mereka yang bergerak di bidang medis dalam penanganan pasien COVID-19.

Dia mengharapkan distribusi bantuan APD meningkatkan motivasi paramedis dalam penanganan pasien COVID-19 di daerah itu.

"Tim medis jadi semakin percaya diri berjuang melayani pasien wabah COVID-19," kata Tjetjep.

Baca juga: Kalteng terima 3.000 APD diangkut menggunakan pesawat TNI AU
Baca juga: TNI AU serahkan 10 ribu APD dan 4.000 masker untuk Kepri

Pewarta: Ogen
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020