Tahun depan, Oscar terima film yang hanya tayang di platform streaming

Tahun depan, Oscar terima film yang hanya tayang di platform streaming

ILUSTRASI: Seorang pria berpose dengan patung Oscar di tangannya dalam pameran "Meet The Oscars" di Grand Central Station, New York. (ANTARA/REUTERS/Brendan Mc)

Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Oscar mengatakan, Selasa (28/4) waktu setempat, bahwa film-film yang hanya ditayangkan di platform streaming atau video on demand selama bioskop ditutup akibat pandemi virus corona bisa memenuhi syarat untuk Academy Awards tahun depan.

Perubahan sementara, yang hanya berlaku untuk Oscar tahun lalu dan akan berakhir ketika bioskop dibuka di penjuru negara, diumumkan dalam keterangan resmi dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences, seperti dilansir Reuters.

Sebelumnya, film harus diputar di bioskop di Los Angeles selama setidaknya tujuh hari agar memenuhi syarat untuk dipertimbangkan masuk Oscar.

Baca juga: Fakta dan serba-serbi jelang perhelatan Oscars 2020

Baca juga: Antonio Banderas ungkap harga tiket menonton Oscar 2020


"Akademi yakin tidak ada cara yang lebih besar untuk merasakan keajaiban film lebih dari menontonnya di bioskop. Komitmen kami terhadap hal itu tidak berubah dan tak tergoyahkan. Meskipun demikian, pandemi COVID-19 yang tragis mengharuskan pengecualian sementara ini," kata Presiden David Rubin dan Kepala Eksekutif Dawn Hudson, merujuk pada penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Platform streaming seperti Netflix telah membuat Hollywood jungkir balik, menarik bintang papan atas seperti Robert De Niro dan Martin Scorsese dan memproduksi konten yang menang penghargaan seperti "Roma" --film bahasa asing terbaik 2019-- yang jadi rival dari studio film tradisional.

Bioskop di AS ditutup sejak pertengahan Maret, membuat penayangan film-film besar terpaksa diundur. Sebagian film, termasuk animasi "Trolls World Tour", langsung dirilis ke platform streaming atau video on demand.

Hal yang sama dilakukan oleh film komedi Judd Apatow "The King of Staten Island", juga film fantasi "Artemis Fowl" yang akan tayang di platform streaming ketimbang menunggu bioskop dibuka.

Upacara penghargaan Oscar akan dilangsungkan pada 28 Februari 2021 di Hollywood.

Baca juga: Adam Sandler sindir Oscars

Baca juga: Perhiasan paling mahal di karpet merah Oscars 2020

Baca juga: "Parasite" sabet empat piala Oscars dan daftar pemenang lainnya
​​​​​​​
​​​​​​

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar