Untuk mengurangi pandemi COVID-19, Kemendag juga memberikan bantuan fasilitas kesehatan untuk pasar, antara lain berupa bilik disinfektan, penyanitasi tangan, masker, dan sarung tangan yang diprioritaskan untuk pedagang dan pembeli,
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan akan memberikan bantuan berupa fasilitas kesehatan untuk 157 pasar di enam provinsi di Indonesia, yakni di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Untuk mengurangi pandemi COVID-19, Kemendag juga memberikan bantuan fasilitas kesehatan untuk pasar, antara lain berupa bilik disinfektan, penyanitasi tangan, masker, dan sarung tangan yang diprioritaskan untuk pedagang dan pembeli," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto melalui konferensi video di Jakarta, Rabu.

Khusus untuk di DKI Jakarta, Kemendag akan memberikan bantuan kepada 20 unit pasar rakyat termasuk Pasar Keramat Jati.

Baca juga: Pasar rakyat di Denpasar dipasangi bilik antiseptik cegah COVID-19

Selain itu, untuk menggalang kepedulian dalam penanganan COVID-19, Kemendag membentuk Satgas Kemendag Peduli untuk menerima donasi dari seluruh pegawai dan masyarakat.

Tujuannya adalah untuk mengkoordinasikan penitipan donasi dan menyalurkan ke pihak-pihak terkait yang sangat membutuhkan.

Khususnya untuk tenaga medis dan kesehatan. Donasi tersebut berupa obat-obatan, perangkat alat kesehatan, termasuk Alat Pelindung Diri (APD), masker, penyanitasi tangan, sarung tangan, pelindung wajah, maupun uang.

"Bantuan Kemendag tersebut telah diberikan kepada tiga rumah sakit yaitu RSD Budiasih, RSD Tebet dan RSD Duren Sawitt," ujar Mendag.

Baca juga: Pantau Pasar Keramat Jati, Mendag pastikan stok dan harga bapok aman

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini berharap, dengan menumbuhkan semangat kebersamaan dan kepedulian yang besar untuk rakyat, maka ia optimistis bahwa pandemi COVID-19 dapat segera berlalu.

"Kita pasti bisa melalui masa sulit ini bersama-sama dengan semangat yang kuat," pungkas Mendag.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020