bagikan 4.500 bibit tananam sayuran kepada masyarakat, termasuk juga pupuk organik dari batu bara
Jakarta (ANTARA) - Korps Bina Masyarakat Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korbinmas Baharkam Polri) mengajak masyarakat untuk menanam sayuran dengan memanfaatkan lahan tak terpakai dalam rangka melawan dampak wabah COVID-19.

"Kita tau sendiri baik di kota maupun di desa itu ada lahan yang tidak terpakai yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk nanam sayur, supaya menambah pendapatan masyarakat," kata Dir Bintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Tajuddin dalam peluncuran program Solidaritas Sosial Bhabinkamtibmas Peduli Lingkungan di Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu.

Tajuddin mengatakan Korbinmas Baharkam Polri dan Ditbinmas Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) melaksanakan Program Pelatihan Bhabinkamtibmas sebagai Pionir Budidaya Tanaman Sayuran di perkarangan rumah dan lahan tidur di sekitar warga.

Program ini dalam rangka melawan dampak penyebaran COVID-19, Polda Metro Jaya ditunjuk sebagai proyek percontohan kegiatan tersebut dan akan diteruskan ke Polda di seluruh Indonesia.

Menurut Tajuddin, kegaitan tersebut tidak hanya sebatas menanam sayur, tapi jika masyarakat memiliki lahan cukup bisa dibuat kolam ikan untuk budidayakan.

"Sehingga kalau masyarakat ada lahan kosong ditanami sayuran tidak perlu lagi ke pasar, uang untuk beli sayur itu mungkin digunakan untuk beli yang lain," katanya.

Untuk mendampingi masyarakat memanfaatkan lahan kosong di perkarangan rumahnya, Baharkam Polri mengerahkan para Bhabinkamtibmas untuk mendampingi masyarakat.

Baca juga: Dampak corona, penjualan di Kedaisayur meningkat hingga 100 persen

Baca juga: Ada PSBB, penjual sayur daring jamin pengantaran pesanan dalam 48 jam

Baca juga: Pedagang sayur Pasar Senen layani pembeli secara jarak jauh


Bersama dengan FKDB masyarakat yang diberi bantuan bibit dan juga pupuk agar tanaman tubuh subur dan bisa dipanen dalam waktu dekat.

Untuk wilayah Polda Metro Jaya, FKDB membagikan 4.500 bibit tanaman sayuran untuk disalurkan kepada masyarakat, termasuk juga pupuk organik dari batu bara.

"Pembinaan di masyarakat melibatkan tiga pilar yakni Bhabinkamtibmas bersama tokoh-tokoh masyarakat dan juga Babinsa mengajak dan melatih masyarakat memanfaatkan lahan kosong di sekitarnya untuk ditanam," kata Tajuddin.

Peluncuran program Solidaritas Sosial Bhabinkamtibmas Peduli Lingkungan dilaksanakan di Hutan Kota Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Bibit tanaman yang dibagikan tersebut terdiri atas sayur- sayuran seperti daun bawang, sawi, terong, tomat, jagung, daun saledri, dan tanaman semusim lainnya.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020