Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Rabu sore menguat sejalan dengan positifnya mayoritas mata uang kawasan terhadap dolar AS.

Rupiah ditutup menguat 150 poin atau 0,97 persen menjadi Rp15.295 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.445 per dolar AS.

"Pasar akan mencermati apakah bank sentral AS The Fed akan memberikan petunjuk tentang arah kebijakan di masa depan setelah merespon kehancuran ekonomi akibat pandemi COVID-19 dengan memangkas suku bunga, membeli obligasi dan memberikan dukungan di pasar kredit," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Rupiah tengah pekan menguat dipicu sentimen positif global

The Fed akan menggelar rapat malam nanti dan kemungkinan masih akan mengeluarkan pernyataan yang "dovish", yang masih mendukung kebijakan pelonggaran moneter untuk membantu memulihkan perekonomian yang terdampak wabah.

Namun, The Fed juga mungkin tidak akan mengubah tingkat suku bunga acuannya karena kebijakan stimulusnya sudah cukup besar.

Kasus positif COVID-19 di AS sendiri telah mencapai 1,03 juta jiwa semalam dimana pasien sembuh mencapai 142 ribu orang dan yang meninggal 59.266 jiwa.

Fokus investor kini semakin meningkat pada rencana untuk pelonggaran lockdown dan pemulihan ekonomi global yang terpukul akibat pandemi COVID-19.

Dari domestik, kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta terus menurun, yang mengindikasikan kemungkinan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di awal Juni akan dilonggarkan dan diprediksi akan diikuti oleh provinsi-provinsi lain sehingga perekonomian kembali berjalan.

Baca juga: Gubernur BI sebut minat investor tinggi beli SBN mampu dongkrak rupiah

"Ini menjadi angin segar bagi pasar dan wajar dalam perdagangan hari ini. Arus modal asing kembali membanjiri pasar valas dan obligasi sehingga mata uang garuda kembali digdaya," ujar Ibrahim.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp15.355 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp15.295 per dolar AS hingga Rp15.395 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp15.415 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp15.488 per dolar AS.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020