Denpasar (ANTARA) - Jajaran Kodam IX/Udayana bersama Kodim 1611/Badung membuka kegiatan sosial berupa dapur umum selama Ramadhan, untuk meringankan beban masyarakat dan pengguna jalan yang melintas.

“Kegiatan sosial membagikan takjil yang berupa air minum dan nasi kotak kepada masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang melintas, menjelang waktu berbuka puasa yang dimulai pukul 17.40 WITA sampai tiba saatnya berbuka puasa,” kata Perwira Seksi Teritorial Kodim 1611/Badung, Mayor Infantri I Made Mustika, dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Rabu.

Ia mengatakan bahwa selama bulan puasa, dalam satu minggu dapur umum Ramadhan dibuka setiap hari Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat dengan tempat posko yang berubah-ubah.

Baca juga: TNI-Polri bersinergi buka dapur umum selama Ramadhan

“Jadi posko berubah tergantung jadwal nya gimana, bergerak sesuai jadwal dan tidak pada satu titik saja. Distribusi per kegiatan itu ada 100 kotak nasi dan takjil nya juga sama,”katanya.

Selain itu, Asisten Teritorial Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Kolonel Infantri Jemz Ratu Edo, mengatakan hal ini bentuk kepedulian Kodam IX/Udayana bersama Kodim 1611/Badung pada saat bulan Ramadhan 1441 H/2020 M, serta kegiatan sosial ini sekaligus menjalin tali silaturahmi dengan masyarakat di tengah situasi merebaknya Covid-19.

Baca juga: TNI-Polri dirikan dapur umum untuk warga terdampak COVID-19

Belasan personel Kodam IX/Udayana dan Kodim 1611/Badung diturunkan dalam kegiatan sosial dapur umum Ramadhan ini, baik yang bertugas untuk memasak dan membagikan makanan tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, pada Selasa (28/4, Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal Benny Susianto, mengunjungi dapur umum untuk membantu pekerja migran yang menjalani karantina di empat hotel, serta Posko Pencegahan Covid-19 di Gilimanuk, Kabupaten Jembrana.

Baca juga: TNI-Polri bentuk dapur umum untuk masyarakat terdampak PSBB

Setelah mengecek dapur umum dan memberikan motivasi kepada anggota TNI yang bertugas di sana, Susianto melanjutkan peninjauan ke Pos Pencegahan Covid-19 di Pelabuhan Gilimanuk.

Ia juga melakukan peninjauan menuju Markas Komando Batalion Infantri Mekanis 741/Garuda Nusantara, dan memberikan arahan kepada prajurit seperti menjaga kebersihan dan berolah raga, agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020