Hubungan Korea dan Indonesia sangat erat di berbagai bidang, terutama di bidang industri pertahanan. Kami berharap sumbangan ini dapat memberi semangat kepada masyarakat Indonesia,
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan asal Korea Selatan, Korea Aerospace Industries, bersama dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co menyerahkan 10.000 alat tes COVID-19 kepada Indonesia melalui Kementerian Pertahanan pada Rabu, 29 April 2020.

Dalam pernyataan tertulis Korea Aerospace Industries (KAI) yang diterima di Jakarta, Rabu, pemberian bantuan alat tes COVID-19 tersebut dilaksanakan untuk menyediakan pelayanan yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia, mengingat kedua negara menjalin kerja sama yang sangat dekat terutama di bidang industri pertahanan.

“Hubungan Korea dan Indonesia sangat erat di berbagai bidang, terutama di bidang industri pertahanan. Kami berharap sumbangan ini dapat memberi semangat kepada masyarakat Indonesia,” kata CEO dan Presiden KAI, Ahn Hyunho.

Dia mengatakan KAI dan DSME telah menyiapkan persediaan alat tes tersebut dengan cepat untuk mendukung pemerintah Indonesia untuk menghentikan penyebaran COVID-19 dan juga mendukung Indonesia untuk dapat pulih kembali dengan cepat.

Alat tes yang diberikan merupakan buatan Korea dan memiliki tingkat akurasi lebih dari 95 persen. Bantuan itu dibawa ke Indonesia menggunakan maskapai BUMN Garuda Indonesia, didukung oleh Kementerian Pertahanan RI dan Kedubes Korea di Indonesia.

Kerja sama dekat Indonesia dan Korea di bidang pertahanan, juga terlihat dari bantuan KAI bagi Indonesia saat perusahaan tersebut memberikan bantuan untuk pemulihan kerusakan akibat bencana tsunami. Bantuan tersebut diberikan pada tahun 2018 silam.

Indonesia sendiri kini dikatakan tengah mengoperasikan pesawat dan kapal selam buatan Korea, seperti KT-1B dan T-50i.

Baca juga: Minggu, 50.000 alat tes COVID-19 donasi perusahaan Korsel tiba
Baca juga: Telko Korea tetap mengikuti MWC di tengah virus corona


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020