genangan selain karena curah hujan yang tinggi, juga karena ada hambatan pada saluran pembuangan.
Jakarta (ANTARA) - Hujan yang mengguyur wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya menjelang berbuka puasa, Rabu mengakibatkan genangan air setinggi 20 hingga 30 sentimeter (cm) di lima  titik lokasi.

Berdasarkan data dari Suku Dinas Sumberdaya Air (SDA) Jakarta Selatan lima titik yang terendam genangan yakni jalan Swadarma Kecamatan Jagakarsa, jalan Fatmawati (MRT Cipete), jalan Supomo di Kecamatan Tebet, jalan Raya Pasar Minggu (simpang lampu merah Duren Tiga di depan Superindo Pancoran), dan di Kelurahan Pejaten Timur serta Kelurahan Jatipadang .

Kasi Pemeliharaan Suku Dinas SDA Jakarta Selatan menyebutkan  genangan selain karena curah hujan yang tinggi, juga karena ada hambatan pada saluran pembuangan.

Baca juga: Damkar Jaktim sedot genangan air di Cakung Timur

Baca juga: Hujan deras picu genangan 50 sentimeter di Pisangan Timur

Baca juga: SDA Jaktim normalisasi saluran pemicu genangan Jalan Raya Bogor


"Genangan di jalan Swadarma Kecamatan Jagakarsa ketinggiannya 20-30 cm, penyebabnya karena saluran PHB Swadarma tinggi sehingga aliran air dari jalan tidak masuk ke saluran PHB," kata Junjung.

Selanjutnya genangan setinggi 20-30 cm di jalan Fatmawati (MRT Cipete) karena curah hujan yang tinggi.

Sedangkan dijalan Raya Pasar Minggu (simpang lampu merah Duren tiga-depan Superindo) ec Pancoran setinggi 20 sentimeter, karena aliran yang di Superindo ada masalah.

"Saat ini masih di lakukan koordinasi dengan pihak Superindo," kata Junjung.

Genangan di jalan Supomo, Kecamatan Tebet, lanjut Junjung, ketinggianya antara 10-20 sentimeter.

Penyebab genangan karena tingginya alairan Kali Baru Barat, sehingga aliran air dari jalan tidak masuk ke Kali Baru Barat.

Junjung mengatakan kondisi genangan menjelang buka puasa telah berangsur surut dan beberapa masih dalam penanganan.

Genangan mulai surut setelah hujan berhenti sekitar 10-15 menit sudah surut. Hujan mengguyur kawasan Jakarta Selatan dimulai sekitar pukul 15.00 WIB sampai 16.45 WIB.

"Genangan di jalan Raya Pasar Minggu Kelurahan Duren Tiga saat ini sudah surut," katanya.

Sementara itu untuk kawasan Kelurahan Pejaten Timur serta Kelurahan Jatipadang masih tergenang air akibat luapan Kali Pulau.

"Pejaten sedang kami upayakan kirim mesin pompa," kata Junjung.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020