Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Inf Herman Asaribab menyalurkan bantuan dari posko Spirit Of Papua kepada warga dua kampung di Kota dan Kabupaten Jayapura, Rabu.

Dalam penyaluran bantuan itu, mantan Kapolda Papua Barat dan Sumut itu, didampingi sejumlah pejabat Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih, di antaranya Dir Binmas Kombes Pol Nasihin, Dansat Brimob Polda Papua Kombes GC Mansnembra, Dir Intelkam Kombes Pol Alfred Papare, dan Kabid Humas Kombes Pol Kamal.

Lalu, Waaster Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Soumokil, Asintel Kolonel Inf Joe Sembiring, dan Danramil Abepura Kapten Inf Simbiak. Sementara dari posko Spirit Of Papua nampak hadir Samuel Tabuni yang merupakan ketua dan Michael Yarisetouw yang merupakan koordinator posko dan puluhan relawan lainnya.

Baca juga: Bamsoet beri bantuan marbot masjid dan napi penerima asimilasi

Pemberian bantuan sembako pertama di lakukan di Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura dan kedua di Kampung Puay, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

"Hari ini kami menyalurkan bantuan dari posko Spirit Of Papua dan ini sudah pekan keempat bekerja menyalurkan 2000-an paket sembako kepada warga yang terdampak virus corona," katanya.

Jenderal Polri bintang dua itu mengaku bahwa bantuan yang disalurkan itu merupakan donasi atau bantuan dari berbagai sumber, baik itu dari grup Spirit Of Papua maupun dari pemerintah dan individu.

"Dan hari ini kami salurkan ke Kampung Yoka dan Kampung Puay di pesisir Danau Sentani. Harapannya bantuan ini bisa digunakan, tidak dilihat dari banyak atau kurangnya yang diberikan," kata Paulus Waterpauw.

Baca juga: Pemerintah siap kucurkan bantuan likuiditas koperasi saat pandemi

Mayjen Inf Herman Asaribab mengatakn selain menyalurkan bantuan sembako, Ia juga mengimbau agar kepada warga di kedua kampung tidak melupakan makanan pokok seperti sagu, betatas, keladi dan singkong sebagai bahan makanan utama selain bantuan sembako yang diberikan.

"Harapannya warga di kampung jangan lupa untuk tetap berkebun atau mengelola lahan yang ada dengan menanam keladi, betatas dan singkong. Itu merupakan bahan makanan utama selain sagu. Bantuan sembako ini juga untuk membantu di tengah pandemi corona," katanya.

Sementara itu, Samuel Tabuni menjelaskan bahwa Spirit Of Papua merupakan grup yang dihuni oleh berbagai latar belakang individu yang peduli dengan pembangunan di Papua.

"Grup Spirit Of Papua ini terdiri dari tokoh-tokoh yang peduli dengan pembangunan di Papua secara keseluruhan, tetapi ketika pandemi corona ini muncul, kami bersatu untuk membuat aksi nyata sebagaiman ide yang diterima dan didukung oleh Pak Kapolda Papua dan Pangdam Cenderawasih," katanya.

Menurut dia, aksi menyalurkan sembako itu merupakan murni aksi humanis atau kemanusiaan karena kepedulian kepada sesama di tengah pandemi corona.

"Kita tahu bahwa Papua masuk salah satu daerah yang grafik coronanya tertinggi, kalau tidak salah urutan delapan. Kalau kita tidak peduli dengan sesama, maka akan lebih nyata masalah ini. Karena selain menyalurkan sembako kami juga mengajak warga untuk ikuti anjuran pemerintah guna pencegahan virus corona," katanya.

Dalam penyaluran bantuan itu, terlihat juga personel Polda Papua dan Kodam XVII/Cenderawasih membagikan dan memakaikan masker kepada anak-anak di kedua kampung yang dikunjungi.

Baca juga: Presiden RI bahas isu jamaah tablig dengan PM India
Baca juga: Jubir Pemerintah minta masyarakat patuhi pelaksanaan PSBB

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020