Secara keseluruhan pasokan kebutuhan mencukupi dan mampu menampung keperluan dalam negara yang terus-menerus dan mudah diperoleh
KUALA LUMPUR (ANTARA) - Pemerintah Malaysia memberikan kelonggaran dengan memperbolehkan satu kendaraan dinaiki oleh dua orang pada fase keempat perintah pembatasan  pergerakan dalam membendung COVID-19 yang dimulai pada Rabu, 29 April hingga Senin, 12 Mei 2020.

Terdapat sedikit kelonggaran bagi prosedur operasi  standar pembatasan pergerakan fase keempat  dibanding tahap  sebelum ini.  Mulai Rabu ini, pemerintah memperbolehkan dua orang dalam satu kendaraan, dengan syarat kedua-duanya adalah anggota keluarga dan dari rumah yang sama, ujar Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yakoob di Kuala Lumpur, Rabu.

Ismail mengatakan prosedur operasi standar  pergerakan sebelum ini memperbolehkan pergerakan hanya seorang dalam kendaraan dengan radius 10 kilometer dari kediaman dan pergerakan yang melebihi 10 kilometer harus  atas izin Polisi Diraja Malaysia (PDRM).

Baca juga: Pemerintah Malaysia pulangkan lagi 125 warganya dari Bandara Kualanamu

"Kebijakan terbaru pemerintah telah memutuskan untuk membenarkan aktivitas  untuk membeli keperluan harian, dan untuk mendapatkan layanan kesehatan atau pengobatan melebihi radius 10 kilometer sekiranya keperluan dan layanan itu tidak terdapat di dalam radius 10 kilometer dari kediamannya," katanya.

Pada kesempatan yang sama disampaikan Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Hal Ihwal Konsumen (KPDNHEP) telah membuat pemantauan harian 25 jenis kebutuhan pokok di 1.044 lokasi pemeriksaan termasuk kedai eceran (815), grosir (198) dan pabrik (31).

"Secara keseluruhan pasokan  kebutuhan mencukupi dan mampu menampung keperluan dalam negara yang terus-menerus dan mudah diperoleh," katanya.

Ismail Sabri meminta warga agar tidak bimbang dengan pasokan  makanan dan keperluan harian sepanjang bulan Ramadhan karena dijamin mencukupi.

Baca juga: 72 kasus COVID-19 baru Malaysia dari Indonesia
Baca juga: Penanganan COVID-19 di Malaysia masuki fase pemulihan

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020