Indra Lesmana hingga Mocca, musisi jazz Indonesia yang mendunia

Indra Lesmana hingga Mocca, musisi jazz Indonesia yang mendunia

Musisi Indra Lesmana beraksi dalam konser Adu Bintang 2 "Diva Divo" Indonesia di Jakarta, Senin (20/1/2014). ANTARA FOTO/Fanny Octavianus/nz/aa.

Jakarta (ANTARA) - Ada banyak musisi Tanah Air yang ikut memberikan warna baru untuk belantika musik jazz dunia, mulai dari Indra Lesmana hingga Mocca.

Berikut beberapa musisi jazz Indonesia yang berhasil melebarkan sayapnya di dunia musik internasional:

Baca juga: Musisi jazz Ellis Marsalis meninggal dunia karena corona

Baca juga: Young Gun Silver Fox jadikan Java Jazz 2020 lebih "funky"


Indra Lesmana
Musik dan jazz bukanlah hal baru bagi Indra. Sang ayah, Jack Lesmana, merupakan musikus jazz senior di Indonesia. Sementara sang ibu, Nien Lesmana adalah penyanyi pop era 50-60an.

Indra yang sudah familier dengan piano dan jazz sejak usia 10 tahun itu pun mulai mendapat perhatian dari industri jazz di Amerika Serikat (AS) pada tahun 1980-an.
​​​​​​
Baca juga: Tantangan "konser online" bagi Dewa Budjana dan Indra Lesmana

Pada tahun 1985, ia pindah ke AS dan membuat rekaman bersama musisi jazz Amerika, di antaranya Bobby Shew, Charlie Haden, dan Airto Moreira.

Di Hari Jazz Internasional kali ini, ia membuat sebuah konser kolaborasi bersama Dewa Budjana dan sang putri, Eva Celia secara virtual.

Baca juga: "Mostly Jazz Live Online", konser virtual Indra Lesmana & Dewa Budjana

Barry Likumahuwa
Bassis bernama asli Elseos Jeberani Emanuel ini mewarisi bakat bermusik dari sang ayah, musisi jazz Benny Likumahuwa.

Barry dikenal sebagai seorang bassis yang identik dengan genre musik beraliran funk-jazz, dan membuat namanya semakin dikenal di Indonesia maupun dunia.

Selain tampil di berbagai gelaran musik jazz bergengsi dunia, Barry juga pernah berkolaborasi dengan musisi jazz internasional, di antaranya Jeremy Tordjman (Prancis), Erik Hargrove (Amerika Serikat), Lewis Pragasam (Malaysia), Jeremy Monteiro (Singapura), dan Ezra Brown (Amerika Serikat).

Baca juga: Penyelenggaraan Ubud Village Jazz Festival 2020 dibatalkan

Dira Sugandi
Dira Sugandi merupakan penyanyi wanita yang menggabungkan banyak elemen genre musik lain seperti funk, R&B, hingga soul.

Solois kelahiran Bandung ini telah banyak berkolaborasi dengan musisi jazz dunia dalam berbagai festival musik--mulai dari Jason Mraz, David Foster, hingga Andrea Bocelli.

Baca juga: Legenda jazz Afrika Manu Dibango meninggal akibat virus corona

Mocca
Tak hanya solois, grup band Mocca yang memadukan nuansa jazzy dengan sentuhan swing dan bossanova nan kental dengan suasana retronya ini juga dikenal oleh banyak penikmatnya di luar Indonesia.

Dengan membawakan lagu-lagunya dengan Bahasa Inggris, membuat Mocca ikut dinikmati oleh pendengar di luar negeri, dan menghantarkannya untuk tampil di sejumlah negara seperti Singapura, Korea Selatan, dan Thailand.

Grup asal Bandung ini juga pernah berkolaborasi dengan duo Club 8 asal Swedia.

Baca juga: Film-film yang cocok ditonton saat Hari Jazz Internasional

Baca juga: Charlie Puth, Morgan Freeman ramaikan #JazzDayAtHome di Hari Jazz

Baca juga: AMO programkan "Unesco jazz day challenge"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar