Tes cepat, dua pejabat Pemkab Kapuas Hulu-Kalbar reaktif COVID-19

Tes cepat, dua pejabat Pemkab Kapuas Hulu-Kalbar reaktif COVID-19

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar Nazaruddin. (FOTO ANTARA/Timotius)

Tim Dinas Kesehatan Kapuas Hulu sudah menindaklanjuti temuan hasil tes cepat yang reaktif COVID - 19 dengan pengambilan sampel "swab" pada dua lokasi di Putussibau Utara
Kapuas Hulu, Kalbar (ANTARA) -
Dua pejabat di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat berinsial AN dan AZ dinyatakan reaktif COVID - 19 berdasarkan hasil tes cepat (rapid test) oleh petugas kesehatan.
 
"Dua pejabat itu reaktif COVID - 19 berdasarkan 'rapid test' oleh tim petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Nazaruddin di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.
 
Ia menjelaskan bahwa pada Rabu (29/04), tim Dinas Kesehatan Kapuas Hulu sudah menindaklanjuti temuan hasil tes cepat yang reaktif COVID - 19 dengan pengambilan sampel "swab" pada dua lokasi di Putussibau Utara.
 
Menurut dia, di lokasi pertama ada enam sasaran pemeriksaan "swab" dan di tempat kedua ada dua sasaran pemeriksaan swab. Semua sasaran dalam kondisi baik dan tidak ada keluhan berarti.
 
" Pemeriksaan di satu sasaran di rumah pertama dengan hasil diabetes mellitus dalam keadaan terkontrol, sedangkan satu sasaran di rumah kedua ada mengeluhkan sakit di tenggorokan, tetapi masih dalam keadaan normal berdasarkan pemeriksaan dokter," katanya.
 
Ia menambahkan bahwa pasien yang memerlukan pengobatan sudah dilakukan pengobatan oleh dokter sesuai keluhannya.
 
" Kepada mereka yang reaktif tersebut akan dilakukan monitoring selama 14 hari ke depan oleh petugas puskesmas, mudah - mudahan di Kapuas Hulu tidak ada lagi yang positif dan pandemi COVID - 19 segera berlalu," demikian Nazaruddin.


Baca juga: Kontak pasien tes cepat, 14 orang petugas RSUD Putussibau diiisolasi

Baca juga: 15 ribu warga terdampak COVID-19 di Kapuas Hulu-Kalbar dibantu beras

Baca juga: Cegah COVID-19, istri TNI Kodim Putussibau jahit masker mandiri

Baca juga: PDP COVID-19 meninggal di Pontianak pernah ke Putussibau

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kalbar komitmen untuk tingkatkan IPM di tengah pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar