Pasien positif COVID-19 di NTT tersebar di Manggarai Barat dan Kupang

Pasien positif COVID-19 di NTT tersebar di Manggarai Barat dan Kupang

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timu drg Dominikus Minggu Mere saat memberikan keterangan pers di Kupang, Kamis (30/4/2020) terkait penanganan COVID-19. (FOTO ANTARA/ Benny Jahang)

Kesembilan orang itu dinyatakan positif COVID-19 setelah Pemrov NTT menerima hasil pemeriksaan 'swab' dari Balitbangkes Kemenkes di Jakarta
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengumumkan adanya sembilan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang tersebar di dua daerah, yaitu dua di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores dan tujuh orang lainnya berada di Kota Kupang.

"Kesembilan orang itu dinyatakan positif COVID-19 setelah Pemrov NTT menerima hasil pemeriksaan 'swab' dari Balitbangkes Kemenkes di Jakarta," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT drg Dominikus Minggu Mere didampingi Kepala Biro Humas Marius Ardu Jelamu kepada wartawan di Kupang, Kamis.

Ia menambahkan kesembilan orang yang terkonfirmasi terpapar kasus COVID-19 terdiri atas dua kluster, yaitu kluster pertama terdiri atas dua orang yang memiliki riwayat perjalanan dari Gowa, Sulawesi Selatan dan kedua, pasien positif COVID-19 itu sedang dalam perawatan medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

"Kami telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Manggarai Barat untuk memindahkan kedua orang pasien positif COVID-29 dalam ruangan perawatan isolasi RSUD Komodo," katanya.

Selain itu, menurut dia, kluster kedua terdapat tujuh orang yaitu klaster dari Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Ketujuh pasien positif COVID-19 saat ini sedang dalam perawatan medis di Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Titus Uly, Kota Kupang.

"Kami sudah berkoordinasi juga dengan pihak RSB Titus Uli untuk segera memindahkan ketujuh orang itu dalam ruangan perawatan isolasi positif COVID-19 hari ini juga," katanya.

Menurut dia, pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di NTT hingga saat ini telah berjumlah 10 orang setelah salah satu pasien positif COVID-19 telah dinyatakan sembuh.

"Berdasarkan data pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 bahwa di NTT sudah ada 10 pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19," demikian Dominikus Minggu Mere. 

Baca juga: Satu pasien PDP COVID-19 di Labuan Bajo meninggal

Baca juga: Awas, kapal nelayan di NTT jadi angkutan penumpang saat wabah corona

Baca juga: Legislator minta tenaga medis di NTT lebih hati-hati OTG COVID-19

Baca juga: DPRD NTT: libatkan dunia usaha bantu karyawan terdampak COVID-19

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Riau siapkan 2 hotel bintang 4 untuk pasien COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar