88.759 pekerja migran Indonesia pulang saat pandemi

88.759 pekerja migran Indonesia pulang saat pandemi

Warga Negara Indonesia (WNI) antre untuk mendaftar dalam proses repatriasi WNI di Bandar Udara Internasional Velana, Maldives, Jumat (24/4/2020). KBRI Colombo memulangkan 335 pekerja migran Indonesia (PMI) dari Sri Lanka dan Maladewa ke Tanah Air akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan jumlah pekerja migran Indonesia yang pulang ke Tanah Air saat pandemi COVID-19 hingga 26 April 2020 sebanyak 88.759 orang.

"Mereka datang dari Malaysia, Hong Kong, Singapura, dan negara lain," kata Ida di Jakarta, Kamis, dalam konferensi pers melalui telekonferensi video seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo.

Ida menambahkan, menurut perkiraan akan ada 16.812 pekerja migran Indonesia yang kembali ke Tanah Air pada Mei 2020.

Di sisi lain, menurut dia, penundaan sementara penempatan pekerja migran di luar negeri menyebabkan calon 34.644 pekerja migran tidak dapat berangkat ke negara tujuan.

Ida mengatakan, pekerja migran Indonesia yang kembali ke Tanah Air bisa mendaftar menjadi penerima bantuan program Kartu Prakerja atau program padat karya dan program pelatihan pemerintah yang lain.

Baca juga:
Pemerintah pantau WNI yang akan mudik dari luar negeri
Kemensos siapkan enam balai karantina pekerja migran dari Malaysia

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar