Jakarta (ANTARA) - Badan senam Amerika Serikat, USA Gymnastics, telah menskor mantan pelatih tim senam Olimpiade negeri itu, Maggie Haney, selama delapan tahun karena sering melecehkan secara verbal dan emosional para pesenam yang dilatihnya, lapor Washington Post seperti dikutip Reuters.

Menurut laporan itu, larangan terhadap salah satu pelatih senam terkemuka AS itu berlaku saat itu juga dan akan ditambah dengan dua tahun skorsing tambahan.

Keputusan menskors Haney yang menjadi pelatih peraih medali emas enam Olimpiade Rio 2016 Laurie Hernandez itu dibuat oleh panel beranggotakan tiga orang menyusul panel dengar pendapat Safe Sport.

Haney, yang sebelum diskors tengah melatih juara dunia senam 2018 Riley McCusker, sudah diskors sementara Januari lalu sambil menunggu sidang dakwaan bahwa dia mencaci maki para pesenam muda dan menuntut mereka tetap berlatih dan bertanding padahal lagi cedera.

Haney pertama kali menarik perhatian dunia saat melatih Hernandez di MG Elite Gymnastics di Monmouth Junction, New Jersey. Hernandez kemudian meraih medali emas dan perak pada Olimpiade Rio 2016.

USA Gymnastics masih belum sembuh benar dari skandal pelecehan yang melibatkan mantan dokter tim Larry Nassar yang dipenjara 300 tahun pada 2017 setelah sekitar 350 wanita bersaksi menjadi korban pelecehan dia.

Baca juga: Pandemi COVID-19 paksa kualifikasi senam Olimpiade Tokyo dibatalkan

Baca juga: Biles sabet gelar juara dunia senam ke-15 kalinya

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020