Relawan Indonesia Bersatu bagikan nasi bungkus di 8 Provinsi PSBB

Relawan Indonesia Bersatu bagikan nasi bungkus di 8 Provinsi PSBB

Ketua Tim Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, Sandiaga Uno, ikut turun langsung dalam kegiatan Relawan yang membagikan 300 paket nasi bungkus di salah satu Warung Makan Tegal kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (30/4/2020). (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menggelar gerakan nasional membagikan nasi bungkus untuk masyarakat terkena dampak COVID-19 secara serentak di delapan provinsi yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ketua Tim Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, Sandiaga Uno ikut turun langsung dalam kegiatan Relawan yang membagikan 300 paket nasi bungkus di salah satu Warung Makan Tegal kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (30/4/2020).

Baca juga: Usai rapid test, Sandiaga siapkan tes bergerak di zona merah

Baca juga: Relawan Indonesia Bersatu deteksi 13 positif COVID-19

Baca juga: Relawan Indonesia Bersatu serahkan bantuan penanganan COVID-19


"Hari ini saya menyemangati para relawan yang berbagi 300 nasi bungkus untuk masyarakat sekitar Jakarta Selatan, khususnya masyarakat Tebet. Jadi (gerakan ini) serentak di 8 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan daerah-daerah yang fokus penerapan PSBB," kata Sandi berdasarkan pernyataan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan, ada total 20 ribu paket sembako yang telah disiapkan, kemarin Tim Relawan sudah membagikan 4 ribu paket sembako. Sedangkan hari ini, ada 300 paket nasi bungkus yang dibagikan di Tebet, Jakarta Selatan.

Sandi turun bersama belasan relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 lainnya dalam gerakan tersebut, termasuk artis peran Prisia Nasution.

"Terima kasih para relawan dan masyarakat. Terima kasih juga mbak Prisia yang sudah ikut berkontribusi membantu saudara kita dalam menghadapi pandemi ini. Kita butuh sosok yang peduli seperti Prisia dan relawan lainnya. Karena tentu kebangsaan kita itu adalah gotong royong, saling bantu dan saling peduli, kita bantu meringankan beban anggota masyarakat menghadapi COVID-19," ujar Sandi.

Setelah menyapa Prisia dan Tim Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 lainnya yang sudah mempersiapkan gerakan itu, Sandi lalu menyapa penjaga salah satu Warung Makan Tegal (warteg) yang ada di Tebet.

Sandi memang memesan nasi bungkus juga dari sejumlah warteg sekitar Tebet dalam kegiatan tersebut, hal itu adalah upayanya membantu perekonomian warteg yang ekonominya menjadi sulit akibat pandemi virus corona (COVID-19).

"Bagaimana pendapatan, mbak? Aman atau tidak?" tanya Sandiaga kepada penjaga warteg.

"Ya begitu pak. Menurun karena orang banyak di rumah. Tapi Alhamdulillah bapak borong makanan saya ini sangat membantu," jawab salah satu pedagang warteg.

Usai membeli nasi bungkus dari pemilik warteg. Sandi kemudian membagikan nasi bungkus tersebut kepada warga sekitar untuk berbuka puasa. Sandi juga sempat berbincang dengan mereka.

Sandi berharap dengan adanya gerakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 sedikitnya dapat meringankan beban masyarakat.

"Banyak masyarakat kita yang perlu bantuan, salah satunya bantuan buka puasa. Semoga ini dapat membantu teman-teman semua. Ini gerakan nasional. Kita bagikan nasi bungkus gratis untuk berbuka puasa," ujar Sandi.

Ia mengatakan akan menggenjot bantuan lagi hingga beberapa minggu ke depan, supaya ketika pandemi COVID-19 mencapai puncaknya, masyarakat tetap terbantu, khususnya masyarakat kelas menengah ke bawah, masyarakat yang bermukim di daerah padat dan masyarakat pra-sejahtera.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komunitas Saung Berbagi takjil hingga nasi bungkus gratis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar