Empat multievent jadi prioritas KOI untuk 2021

Empat multievent jadi prioritas KOI untuk 2021

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari membuka Rakernas NOC di Jakarta, Senin (2/3/2020). ANTARA/Bayu Kuncahyo

Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memprioritaskan empat multievent internasional yang bakal diikuti tim Merah Putih pada 2021 sehubungan dengan padatnya agenda olahraga tahun depan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KOI Ferry Kono mengatakan, selain Olimpiade Tokyo dan SEA Games Vietnam, ajang Islamic Solidarity Games serta Asian Indoor Games juga menjadi fokus utama agar Indonesia bisa ambil bagian.

Baca juga: KOI petakan rencana anggaran pencairan dana Olympic Solidarity

"Yang jelas prioritas kita adalah Olimpiade Tokyo dan SEA Games Vietnam. Kemudian sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim
terbesar di dunia, tentu partisipasi kita di Islamic Solidarity Games menjadi penting, lalu Asian Indoor Games," kata Ferry saat dihubungi Antara, Kamis.

"Jadi mungkin empat itu yang jadi prioritas di scope internasional, Asia, regional," katanya menambahkan.

KOI merinci setidaknya ada enam multievent internasional yang kemungkinan bakal diikuti pada 2021, yaitu Asian Indoor and Martial Arts Games (April-Mei), Olimpiade Tokyo (Juli-Agustus), Islamic Solidarity Games (Agustus), World Beach Games (September-Oktober), SEA Games Vietnam (November), Asian Beach Games (November), Asian Youth Games (November) serta Asian Winter Games yang waktu penyelenggaraannya belum ditentukan.

Namun sehubungan dengan banyaknya agenda olahraga di 2021, maka kemungkinan adanya pembengkakan anggaran tak bisa dielakkan.

Baca juga: KOI butuh Rp200 miliar untuk bangun Rumah Indonesia di Tokyo

Oleh karena itu, KOI hanya memprioritaskan empat multievent yang setidaknya harus diikuti Indonesia. Sementara untuk partisipasi Merah
Putih di event lainnya, pihaknya menyerahkan keputusan itu sepenuhnya kepada pemerintah.

"Kita sudah usulkan ke Kemenpora. Di dalam pengusulan kita ada juga yang lain seperti partisipasi kita di World Beach Games, tapi sekali lagi itu tidak jadi skala prioritas kita," katanya.

"Tapi partisipasi kita di luar empat event itu bergantung dengan kebijakan pemerintah atau bagaimana nanti akan kita kaji," lanjutnya.

Pandemi COVID-19 membuat seluruh agenda olahraga 2020 ditunda, sehingga memberi dampak kepada penumpukan jadwal multievent pada tahun depan.

Belum lagi, Indonesia juga bakal menjadi tuan rumah dua single event internasional di 2021, yakni Piala Dunia U-20 dan MotoGP Mandalika.
Selain itu, ada juga penyelenggaraan multievent nasional Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua serta Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) yang juga sudah diputuskan diundur hingga Oktober tahun depan.

Baca juga: Jakarta diminta bersiap jadi tuan rumah Olimpiade 2032
 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

KOI dan ANTARA dukung Indonesia tuan rumah Olimpiade 2032

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar