Bandara sepi jadi bioskop dadakan di Lithuania

Bandara sepi jadi bioskop dadakan di Lithuania

Seseorang menonton film dari dalam mobil di bioskop dadakan yang digelar di bandara Vilnius, Lithuania, selama pandemi virus corona, 29 April 2020 (REUTERS/ANDRIUS SYTAS)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah pesawat kargo lepas landas dari bandara Vilnius, Kamis (30/4), hanya beberapa ratus meter dari orang-orang yang menonton film dari mobil mereka di landasan bandara yang disulap jadi bioskop sementara.

Orang-orang di dalam 160 kendaraan diinstruksikan secara ketat untuk menutup rapat jendela demi mencegah penyebaran virus corona, tapi mereka senang karena mendapat kesempatan menonton film pemenang Oscar "Parasite" pada malam pembukaan bioskop.

Sekitar 3,8 juta orang terbang melalui bandara Vilnius tahun lalu, tetapi semua penerbangan yang dijadwalkan berhenti sebulan yang lalu, ketika Lithuania memberlakukan karantina wilayah untuk melawan virus corona.

Baca juga: "Artemis Fowl" tak diputar di bioskop, akan debut lewat Disney Plus

Baca juga: "A Quiet Place Part II" akan rilis di bioskop pada September


Restoran, tempat konser, serta bioskop ditutup dan warga Lituania diminta untuk tetap di rumah. Jika keluar, mereka harus memakai masker dan tidak boleh berkumpul lebih dari dua orang yang bukan anggota keluarganya.

Namun pemerintah minggu ini mengizinkan kafe yang terbuka untuk beroperasi kembali dan beberapa acara, seperti bioskop yang ditonton dari mobil, karena tingkat infeksi di sana telah melambat.

"Menayangkan film di bandara adalah impianku sejak dulu, tapi kami baru dapat kesempatan sekarang. Landasan udara terlalu sibuk saat beroperasi normal," kata Algirdas Ramaskan, yang mengadakan bioskop dadakan selama empat pekan, seperti dilansir Reuters.

"Tanggapannya luar biasa, tiket sudah ludes untuk dua hari ke depan. Orang-orang bosan setelah berdiam diri di rumah terlalu lama dan mereka ingin keluar."

Festival film internasional tahunan di Vilnius, yang akan berlangsung pada bulan Maret, dibatalkan akibat karantina wilayah, dan Ramaska ‚Äč‚Äčmengatakan ia berharap penyelenggara festival tetap mempekerjakan tim dengan menayangkan film yang telah masuk di acara tersebut.

"Ini pengalaman yang hebat, menonton film di sini - saya belum pernah berada di dalam mobil di bandara, hanya di dalam pesawat," kata Egle Ribaciauskaite.

Orang-orang yang menonton diminta untuk tetap berada di dalam mobil sepanjang waktu, bila ingin ke kamar kecil mereka harus menyetir ke luar bandara.

Baca juga: Spike Lee tolak usulan pembukaan kembali bioskop di AS

Baca juga: "Gundala" akan tayang di bioskop Amerika

Baca juga: CGV perpanjang penutupan jaringan bioskop

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bertambah 52, 355 warga Jakarta positif COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar