MSI rilis "motherboard gaming" seri 400 untuk Indonesia

Oleh Suryanto

MSI rilis "motherboard gaming" seri 400 untuk Indonesia

MAG Z490 Tomahawk. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Produsen motherboard, MSI, meluncurkan motherboard gaming terbarunya seri 400 untuk konsumen Indonesia, pasar gaming terbesar di Asia Tenggara yang bernilai 1,1 miliar dolar AS pada 2018.

Motherboard MSI seri 400 yang dilengkapi prosesor Intel generasi ke-10 terbaru untuk socket 1200, hadir dalam empat seri, yakni MEG, MPG, MAG, dan Pro untuk segmen berbeda dari gamer pemula sampai tingkat tinggi.

Untuk mendukung prosesor Intel 10th gen, motherboard seri MSI 400 hadir dengan teknologi terbaru dan desain paling canggih, klaim MSI dalam siaran persnya, Jumat.

Motherboard ini menggunakan solusi pendinginan yang sudah ditingkatkan, baik pada produk high-end maupun entry level untuk memastikan hadirnya kondisi termal terbaik, sebagai contoh semua motherboard Z490 menggunakan M.2 Shield Frozr.

Seluruh lini produk motherboard MSI Z490 meningkatkan daya konduksi thermal dan kinerja OC dengan mengadopsi multi-layer PCB dari 6 layer menjadi 10 layer. Multi-layer PCB ini memudahkan transmisi pada bandwith yang lebih tinggi dan sirkuit yang andal.

Baca juga: Industri gim alami kenaikan di tengah pandemi virus corona

Baca juga: Lenovo dan industri game kampanyekan #PlayApartTogether lawan corona


Dengan 2.5G Ethernet LAN dan solusi Wi-Fi 6 AX membuat transfer data menjadi lebih cepat sehingga gamer akan merasakan pengalaman online yang lebih responsif.

Selain itu, semua motherboard seri 400 mendukung LED RGB dan LED EZ Control terbaru untuk menyalakan atau mematikan lampu dengan mudah.

Tidak hanya peningkatan kinerja, motherboard gaming seri MSI 400 dilengkapi dengan I/O shielding yang preinstalled, memudahkan penginstalasian dan dioptimalkan untuk berintegrasi dengan sistem pendingin MSI.

Seri MEG
​Motherboard seri MEG dilengkapi dengan sistem pendinginan aktif: Frozr Heatsink Design yang memakai kipas berbantalan roda ganda, teknologi Zero Frozr, dan ventilasi pada I/O shielding.

MEG Z490 Godlike dan MEG Z490 Ace sama-sama menggunakan Chest Plate, pelat belakang logam yang rigid, untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan akibat tekukan atau puntiran selama proses instalasi.

Motherboard seri MEG juga diperkuat Audio Boost HD dengan prosesor audio ALC1220 yang dibuat khusus. Adapun ESS Audio DAC dan headphone amplifier akan melengkapi kemampuan seri ini untuk menyajikan pengalaman sound sekelas studio.

Fitur-fitur eksklusif MEG Z490 Godlike mencakup Dynamic Dashboard II, 10G Super LAN dan port Thunderbolt 3 yang menghadirkan transfer data lebih cepat, dan dilengkapi kartu aksesori M.2 Xpander-Z Gen 4 S yang memiliki fitur Smart Fan Function.

Seri MPG
Semua motherboard seri MPG dilengkapi dengan Mystic Light LED yang mengandung 16,8 juta warna dan 29 efek, mudah dikendalikan melalui Dragon Center yang eksklusif dari MSI.

Premium Duet Rail Power Solution membantu meningkatkan stabilitas penghantaran power. Dengan jumlah core yang lebih banyak, solusi termal sangat penting untuk meningkatkan efek pengurang panas.

Baca juga: Usir bosan lewat game di Google Doodle

Baca juga: Game Esports King sediakan Season Pass terbatas


MPG Z490 Gaming Carbon WiFi punya fitur chipset heatsink dan heat-pipe yang diperbesar. MPG Z490 Gaming Edge WiFi dan MPG Z490M Gaming Edge WiFi sama-sama dilengkapi cover aluminium dan MPG Z490 Gaming Plus dengan Extended Heatsink Design, yang dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya peningkatan temperatur.

Hadirnya 2.5G LAN dan LAN Manager dengan solusi Wi-Fi 6 AX menawarkan koneksi kabel dan nirkabel terbaru. Lightning USB 20G untuk MPG Z490 Gaming Carbon WiFi dan MPG Z490 Gaming Edge WiFi mengadopsi chip pengendali ASMedia 3241 untuk menghadirkan kecepatan transfer hingga 20Gbps dengan konektor Type-C.

Seri MAG
MAG Z490 Tomahawk memiliki cover aluminium dan MAG B460 Tomahawk memiliki Extended Heatsink Design. Kedua heatsink yang diperbesar itu bakal memastikan efek termal yang lebih baik. Semua slot M.2 dilengkapi dengan M.2 Shield Frozr untuk mencegah terjadinya throttling.

Digital PWM dengan 12 + 1 + 1 Duet Rail Power System dapat menjamin stabilitas dan konsistensi dalam penghantaran power.

MAG Tomahawk dilengkapi dengan Dual LAN, termasuk 2.5G LAN dan Gigabit LAN dengan CPU overheard yang lebih rendah dan penggunaan jaringan dalam jangka panjang.

Sementara untuk motherboard yang memakai chipset B460, MSI juga memiliki lini produk seri MAG terlengkap termasuk motherboard Tomahawk, Mortar, dan Bazooka.

Seri Pro
Seri PRO membantu para gamer bermain dengan lebih cerdas. Z490-A Pro memiliki fitur-fitur fungsional yang stabil dan perakitan berkualitas tinggi untuk menghadirkan workflow profesional yang berkualitas tinggi.

Extended Heatsink Design, M.2 Shield Frozr dan Digital PWM dengan 12 Duet Rail Power System berkolaborasi untuk menyajikan pemrosesan andal. Solusi network yang dipakai juga ditingkatkan ke 2.5G LAN untuk pengalaman jaringan yang lebih cepat.

Baca juga: MSI perkenalkan motherboard terbaru seri Z390 dengan fitur lebih agresif

Baca juga: Daftar ponsel ramah kantong cocok buat main game

Baca juga: PUBG Mobile adakan lomba merancang pakaian dalam game

Oleh Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumut simulasi sistem pengamanan kota antisipasi konflik akibat pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar