Main gim "Call of Duty" bagus untuk atasi stres? ini kata ahli

Main gim "Call of Duty" bagus untuk atasi stres? ini kata ahli

Gim Call of Duty (Instagram.com/callofduty)

Jakarta (ANTARA) - Di tengah-tengah pandemi COVID-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meluncurkan kampanye #PlayApartTogether bersama para pemimpin industri gim untuk mendukung mereka yang melakukan isolasi diri atau karantina di rumah.

Sebagian orang selama di rumah mencari beragam hiburan termasuk bermain video gim untuk membantu terhubung dengan teman-teman dan komunitas, salah satunya melalui gim "League of Legends" dan "Call of Duty: Modern Warfare". Bisakah gim ini mengatasi stres?

Dokter spesialis neurofeedback dan pendiri Evolve Brain Training di Dubai, Upasana Gala mengatakan di tengah kondisi COVID-19 yang tak menentu, menyelesaikan tugas tertentu dan mengendalikan hasilnya menawarkan asupan dopamin yang membuat Anda merasa senang.

Baca juga: Game Esports King sediakan Season Pass terbatas

Baca juga: Industri gim alami kenaikan di tengah pandemi virus corona


"Ketika seorang individu tidak dapat mengendalikan apa yang terjadi di sekitar mereka, menyelesaikan tugas tertentu dan mengendalikan hasilnya dalam permainan menawarkan dopamin, membuat kita merasa senang bisa menyelesaikan sesuatu," kata dia seperti dilansir Arab News.

Menurut Gala, bermain gim bisa mengaktifkan bagian otak yang kurang terstimulasi, memberikan motivasi untuk mencapai tujuan tertentu, mendorong rasa diri, dan meningkatkan pembelajaran dan memori.

"Bahkan, jumlah yang wajar dari permainan biasanya direkomendasikan dalam terapi untuk depresi klinis," kata dia.

Sebuah studi tahun 2017 yang dilakukan peneliti University of California, Davis menemukan, video gim meningkatkan kontrol kognitif dan berpotensi digunakan untuk mengobati depresi.

Manfaat tambahan gim juga mencakup peningkatan dalam pemecahan masalah, konsentrasi dan keterampilan sosial.

Gala menyarankan agar para gamer yang mendapati diri mereka menghabiskan banyak waktu bermain video gim selama masa isolasi diri menganalisis apakah hobinya itu merupakan bentuk pelepas stres.

"Jika Anda menemukan diri Anda menggunakan video gim untuk melarikan diri dari kenyataan dan menghindari menghadapi masalah, Anda menciptakan lingkaran setan. Kuncinya menggunakan permainan video secara seimbang, sebagai penghilang stres," saran dia.

Baca juga: MSI rilis "motherboard gaming" seri 400 untuk Indonesia

Baca juga: Masuk Indonesia, Infinix Note 7 andalkan baterai kuat untuk game

Baca juga: PUBG Mobile adakan lomba merancang pakaian dalam game

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sumut simulasi sistem pengamanan kota antisipasi konflik akibat pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar