Ciputra Group sediakan ruang isolasi kapasitas 210 pasien

Ciputra Group sediakan ruang isolasi kapasitas 210 pasien

Ruang isolasi bertekanan negatif khusus pasien COVID-19 di Ciputra Hospital Citra Garden City, Jakarta. (ANTARA/HO-Ciputra Hospital)

Bogor (ANTARA) - Ciputra Group melalui Ciputra Hospital Citra Garden City dan Ciputra Hospital Citra Raya menyiapkan ruang isolasi berkapasitas 210 pasien untuk menambah ketersediaan kapasitas rumah sakit rujukan dalam menangani pasien virus corona COVID-19.

"Dukungan ini dilakukan Ciputra Group sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat dan dukungan pemerintah yang jumlahnya semakin meningkat," kata Managing Director Ciputra Group, Budiarsa Sastrawinata dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Ratusan tempat tidur di ruang isolasi itu mulai digunakan hari ini, setelah selesai penambahan fasilitas berupa ruang isolasi dan alat medis yang bersumber dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Ciputra Group.

Budiarsa menyebutkan, khusus di Ciputra Hospital Citra Garden City terdapat penambahan 81 tempat tidur sehingga menjadi 123 tempat tidur. Kemudian di Ciputra Hospital Citra Raya ada penambahan 72 tempat tidur menjadi 87 tempat tidur.

“Ruang isolasi ini bertekanan negatif, steril dan aman, membantu merawat pasien yang membutuhkan perawatan, baik pasien COVID-19 maupun pasien umum dengan pemisahan gedung untuk menjamin tidak terjadinya penularan,” kata Budiarsa.

Baca juga: DKI tunda penyaluran bansos tahap dua sampai perbaikan data selesai
Baca juga: 101 perusahaan ditutup sementara akibat langgar PSBB


Sebelum 210 tempat tidur dioperasikan secsra keseluruhan, sebagian sudah digunakan untuk menangani pasien COVID-19. Yaitu sebanyak 42 tempat tidur di Ciputra Hospital Citra Garden City dan 15 tempat tidur di Ciputra Hospital Citra Raya.

Di samping itu, ada perbedaan dari sistem biaya perawatan sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/238/2020 tentang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Perawatan Pasien COVID-19.

Sebelumnya pasien membayar ke Ciputra Hospital dengan jaminan asuransi maupun pribadi. "Ciputra Hospital berkoordinasi dengan Kemenkes dan pihak terkait termasuk BPJS Kesehatan agar pasien tidak perlu membayar sejak awal dirawat," tuturnya.
Baca juga: Semua sayang dokter

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tak pakai masker di Jabar bisa didenda Rp150 ribu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar