Tips milenial miliki tempat tinggal pribadi

Tips milenial miliki tempat tinggal pribadi

Suasana deretan unit apartemen di Jakarta, Senin (27/1/2020). Berdasarkan laporan riset Colliers International soal Pasar Properti Jakarta untuk Kuartal IV-2019, tingkat serapan penjualan apartemen di Jakarta pada kuartal IV-2019 rata-rata mengalami penurunan sekitar 2 persen ke level 87,2 persen. Lesunya penjualan terjadi lantaran harga jual properti yang terbilang cukup tinggi dan senantiasa mengalami kenaikan. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.

langkah awal generasi milenial untuk membeli rumah yaitu harus mempunyai keuangan yang sehat.
Jakarta (ANTARA) - Banyak generasi milenial yang sudah memiliki penghasilan, namun tidak sedikit dari mereka yang belum memiliki properti baik rumah tapak (landed house) maupun apartemen.

Nyatanya, membeli tempat tinggal pribadi memang tidak mudah, dibutuhkan komitmen untuk tidak konsumtif.

Figur publik, Ida Ayu Dewi dalam diskusi daring yang diselenggarakan Perum Perumnas di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa langkah awal generasi milenial untuk membeli rumah yaitu harus mempunyai keuangan yang sehat.

Baca juga: Pengamat: Nilai aset properti turun drastis akibat COVID-19

"Tentu saja kita harus menyiapkan tabungan, dan komitmen untuk tidak konsumtif," ujar Ida Ayu yang mengaku telah memiliki dua anak itu.

Ia mengatakan generasi milenial dapat memanfaatkan KPR dengan tenor panjang. Namun, memilih tenor pendek juga tidak masalah mengingat nilai gaji pekerja dapat terus bertambah ke depan.

Selanjutnya, ia menyampaikan, jika keuangan telah mencukupi cepat-cepatlah membeli properti karena harga properti setiap tahun mengalami kenaikan.

"Jangan menunda-nunda, namun sesuaikan dengan kemampuan keuangan," katanya.

Baca juga: Broker properti ini yakin sektor properti tak lesu meski ada COVID-19

Ia tidak mempermasalahkan jika generasi milenial membeli rumah di pinggiran kota, yang patut diperhatikan adalah dekat dengan fasilitas transportasi, pendidikan, dan kesehatan.

Ia menambahkan jika memang harus tinggal di pusat kota disarankan untuk memilih apartemen. "Yang penting harganya terjangkau," ucapnya.

Kemudian, ia mengingatkan ​​​​​generasi milenial yang mencari tempat tinggal pribadi untuk memperhatikan
developer propertinya.

"BUMN seperti Perumnas terjamin, baik bangunan maupun lokasinya yang dekat dengan berbagai fasilitas," katanya.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kini berinvestasi properti juga dilakoni kaum ibu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar