Dua warga Bantul positif COVID-19 usai pulang kerja dari Dubai dan USA

Dua warga Bantul positif COVID-19 usai pulang kerja dari Dubai dan USA

Ruang isolasi pasien COVID-19 (Foto ANTARA)

Bantul (ANTARA) - Dua warga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta terkonfirmasi positif terpapar corona virus disease 2019 atau COVID-19 usai pulang bekerja dari luar negeri yaitu Dubai, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat.

"Saya laporkan tambahan pasien positif berdasarkan rumah sakit yang merawat, yaitu dua orang laki-laki yang merupakan PMI (pekerja migran Indonesia) dari Dubai dan USA," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa dalam keterangan tertulisnya melalui aplikasi pesan di Bantul, Jumat.

Baca juga: Pasien COVID-19 Riau bertambah lagi dari klaster pertemuan Dumai

Gugus Tugas tidak menjelaskan detail kapan kedua pekerja dari Dubai dan USA pulang dan tiba di Bantul, namun setiap pelaku perjalanan maupun PMI setelah tiba di Bantul selalu dilakukan rapid test corona oleh Dinas Kesehatan kabupaten melalui Puskesmas setempat.

Dua orang PMI positif corona tersebut saat ini dirawat di Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 (RSLKC) Bantul yang ada di wilayah Kecamatan Bambanglipuro.

Baca juga: Start-up China kembangkan kacamata pintar pendeteksi gejala COVID-19

Selain dua pasien tersebut, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bantul juga mencatat empat pasien positif baru, sehingga totalnya ada penambahan enam kasus positif corona dalam sehari terakhir.

Empat pasien positif lainnya itu adalah laki-laki yang mempunyai riwayat kontak dengan jamaah Tabligh di Jakarta, kegiatan yang menjadi klaster penyebaran COVID-19, kemudian seorang laki-laki yang merupakan peserta jamaah Tabligh di Gowa, Sulawesi.

Baca juga: Kisah Meliana, pasien pertama Sumut yang sembuh dari COVID-19

Kemudian satu orang perempuan peserta jamaah ijtimak di Masjid Caturtunggal Sleman yang ada warga negara asing (WNA) India, pasien ini dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito.

Selanjutnya, seorang perempuan yang merupakan istri dari pasien positif corona yang sudah sembuh, suami dari pasien ini memiliki riwayat perjalanan dari Bekasi. Saat ini pasien perempuan itu dirawat di Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul.

Berdasarkan update data dari Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bantul per 1 Mei, jumlah pasien positif corona asal Bantul yang masih dirawat si rumah sakit berjumlah 14 orang, bertambah enam orang dari data sebelumnya 30 April yang berjumlah delapan orang.

Ke-14 pasien positif tersebut sebarannya ada di wilayah Kecamatan Kasihan dua orang, Kecamatan Sewon tiga orang, Kecamatan Bantul satu orang, Kecamatan Banguntapan tujuh orang, dan Kecamatan Piyungan satu orang.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kendala belum tuntasnya ruang isolasi khusus di RSUD Bahteramas Kendari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar