DKI siapkan bansos tahap dua menjelang Idul Fitri

DKI siapkan bansos tahap dua menjelang Idul Fitri

Pekerja mengemas paket bantuan sosial (bansos) di Gudang Food Station Cipinang, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah menyalurkan paket bansos masing-masing sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan sebagai upaya untuk mencegah warga tidak mudik dan meningkatkan daya beli selama pandemi COVID-19 kepada warga yang membutuhkan di wilayah Jabodetabek. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan bantuan sosial tahap II yang akan disalurkan kepada masyarakat terdampak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pandemi COVID-19 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Proses eksekusinya seminggu atau 10 hari sebelum lebaran," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Balai Kota Jakarta melalui siaran langsung di kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Jumat malam.

Anies menyebutkan, bantuan sosial tahap II ini ditujukan untuk menjangkau masyarakat lebih banyak lagi dibandingkan dengan bansos tahap pertama yang pendistribusiannya dimulai April 2020.

"Yang pertama kemarin kita sudah menjangkau 1,2 juta keluarga. Alhamdulillah sudah terdistribusi dengan baik," kata Anies.

Terkait jumlahnya penerima bansos tahap II, Anies mengatakan, saat ini masih dibahas dengan mengumpulkan semua segmen yang pada penyaluran tahap pertama tidak termasuk sebagai masyarakat miskin.

Baca juga: DKI susun regulasi untuk batasi penduduk ke Jakarta pascalebaran
Baca juga: Anies bagikan 20 juta masker untuk warga DKI


Bingkisan bansos tahap dua tersebut akan menjangkau masyarakat yang karena kondisi perekonomian saat ini masuk dalam kelompok yang membutuhkan bantuan.

"Nanti setelah ini lengkap kami akan mengumumkan secara detail baik segmennya maupun jumlahnya, tadi sudah kita bahas, lebih bijak bila sudah terstruktur lengkap informasinya baru nanti kami sampaikan detilnya," kata Anies.

Anies menambahkan, angka penerima bansos tahap II menjelang Idul Fitri tersebut akan mengalami peningkatan sangat besar, jauh di atas 1,2 juta orang yang difasilitasi sebelumnya.

"Jadi kita berharap dengan cara itu masyarakat bisa melewati masa-masa PSBB dengan baik," kata Anies.

Saat ini di wilayah Jakarta sedang ada pendistribusian bansos dari pemerintah pusat, yakni bantuan Presiden Jokowi yang dikelola oleh Kementerian Sosial.

"Proses distribusi sedang berjalan dan bantuan sosial ini akan diberikan secara mingguan. Mudah-mudahan nanti akan tuntas sesuai waktunya," kata Anies.
Baca juga: Jakarta alami penurunan, Anies imbau masyarakat tetap patuhi PSBB
Baca juga: Ada kemungkinan Jakarta keluar dari fase PSBB dua pekan mendatang

Pewarta: Laily Rahmawaty/Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemerintah telah gelontorkan Rp203,9 triliun untuk perlindungan sosial

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar