Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora kemarin menjadi perhatian banyak pembaca mulai dari jumlah pasien COVID-19 yang terus bertambah hingga sejumlah karyawan pabrik rokok Sampoerna yang terkonfirmasi positif COVID-19.

1. 1.591 pasien sembuh dari 10.551 positif COVID-19

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan hingga Jumat (1/5) pukul 12.00 WIB pasien sembuh bertambah 69 orang sehingga total 1.591 pasien COVID-19 dinyatakan sembuh dari 10.551 orang yang terkonfirmasi positif.

"Untuk pasien yang meninggal sebanyak 800 orang. Jumlah pasien dalam pengawasan sebanyak 22.123 orang dan orang dalam pemantauan sebanyak 233.120 orang," kata Yurianto dalam jumpa pers di Graha BNPB yang dipantau di Jakarta, Jumat.

2. Jabar nol kasus positif COVID-19 pada Jumat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan provinsi yang dia pimpin tidak ada penambahan kasus positif pada Jumat (1/5).

"Kemarin hanya tiga kasus positif covid. Hari ini kasus positif covid malah Nol. Alhamdulillah. Semoga berlanjut tren turunnya COVID-19. Semoga PSBB membawa hasil ya Allah. Namun Kita jangan lengah dan takabur," tulis Ridwan Kamil dalam salah satu unggahannya di akun instagram @ridwankamil, Jumat malam (1/5).

3. 34 karyawan Pabrik Sampoerna terkonfirmasi positif COVID-19

Sebanyak 34 karyawan pabrik PT HM Sampoerna Tbk yang berlokasi di Jalan Raya Rungkut Surabaya terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab PCR tahap pertama.

"Untuk gelombang pertama telah dilakukan pemeriksaan swab PCR terhadap sebanyak 46 karyawan dan hasilnya 34 orang terkonfirmasi positif COVID-19," ujar Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat malam (1/5).

4. Warga Deiyai, Papua harus periksa kesehatan untuk cegah COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai, Papua Kornelis Pakage meminta kepada warga daerah melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rapid diagnostic test (RDT) sebelum bepergian dari Deiyai ke Nabire guna mencegah penularan COVID-19.

Saat dikonfirmasi dari Jayapura, Jumat, Kornelis menjelaskan belakangan ini banyak warga yang melakukan perjalanan ke Nabire dari Deiyai, Dogiyai, dan Paniai menggunakan surat izin jalan khusus yang ditandatangani oleh bupati.

5. Perawat COVID-19 di Nagan Raya belum terima bantuan

Meski sudah hampir satu bulan bekerja melaksanakan tugas kemanusiaan, perawat pasien COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Nagan Raya, Aceh mengaku belum menerima honor atau insentif apa pun dari manajemen rumah sakit setempat.

"Sampai hari ini, kami tidak pernah mendapatkan bantuan apa-apa, kecuali dua buah susu steril murni, itu pun hanya sekali," kata seorang perwakilan perawat pasien COVID-19 RSUD Nagan Raya Tria di Suka Makmue, Ibu Kota Kabupaten Nagan Raya,Kamis malam (30/4).

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020