Gubernur Banten perpanjang PSBB Tangerang Raya hingga 17 Mei 2020

Gubernur Banten perpanjang PSBB Tangerang Raya hingga 17 Mei 2020

Gubernur Banten Wahidin Halim. ANTARA/Mulyana/am.

saya harap perpanjangan kali ini jauh lebih efektif dan hasilnya lebih baik
Kota Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Banten memperpanjang masa penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tangerang Raya mulai 4 Mei 2020 hingga 17 Mei 2020. 

Perpanjangan itu setelah melihat perkembangan pandemi COVID-19 di wilayah Tangerang Raya yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan memperhatikan hasil evaluasi dari pelaksanaannya. 

Baca juga: Gubernur Banten tinjau penerapan PSBB di Tangerang Raya

Perpanjangan PSBB tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Banten Nomor 443/Kep.149-Huk/2020 tentang Penetapan Perpanjangan PSBB di Wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) tertanggal 2 Mei 2020.

"Perpanjangan PSBB dilaksanakan selama 14 (empat belas) hari sejak 4 Mei 2020 sampai dengan  17 Mei 2020, dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)," kata Gubernur Banten Wahidin Halim di Kota Tangerang, Sabtu.

Baca juga: PSBB di Tangerang Raya ditetapkan Gubernur Banten hingga 3 Mei 2020

Dijelaskan Gubernur Wahidin, perpanjangan juga memperhatikan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/249/2020 tentang Penetapan PSBB di Wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19); Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep.114-Huk/2020 tentang Penetapan Kejadian Luar Biasa Corona (Covid-19) di Wilayah Provinsi Banten.

Kemudian Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep.140-Huk/2020 tentang Penetapan PSBB di Wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019;

​​​​​​Juga Surat Pengantar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Nomor 800/1348/Kes-Yan/2020 tanggal 29 April 2020 perihal Pemohonan Konsultasi Dokumen Keputusan Gubernur Banten tentang Perpanjangan Pelaksanaan PSBB dalam penanganan Corona Virus disease 2019 (covid-19) di daerah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Baca juga: Gubernur Banten matangkan rencana PSBB Tangerang Raya

Maka Pemprov Banten menetapkan perpanjangan PSBB di wilayah Tangerang Raya dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19 di Provinsi Banten.

Selanjutnya, kata Wahidin, Pemerintah Daerah baik Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan wajib melaksanakan PSBB sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan dan secara konsisten mendorong serta mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

"Waktu penetapan perpanjangan PSBB ditetapkan oleh Bupati/Walikota. Berdasarkan hasil evaluasi PSBB sebelumnya, ada tren penurunan jumlah kasus baru dibandingkan sebelum penerapan PSBB. Maka saya harap perpanjangan kali ini jauh lebih efektif dan hasilnya lebih baik," katanya.

Sementara, kata Wahidin, terkait waktu dimulai dan lamanya operasional pos pemeriksaan di wilayah Kabupaten/Kota se-Tangerang Raya diatur oleh Bupati/Wali Kota.

"Masing-masing daerah memiliki kebijakan yang tepat dalam pelaksanaan pemeriksaan karena disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang ada," katanya.

Baca juga: Gubernur Banten minta Tangerang Raya satu-kesatuan PSBB DKI Jakarta



 

Pewarta: Mulyana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Begini suasana stasiun Manggarai di hari pertama perpanjangan PSBB Transisi 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar