Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan karena sejumlah kasus mulai ada penyebaran transmisi lokal
Samarinda (ANTARA) - Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur bertambah 18 menjadi 154 orang berdasarkan data Dinas Kesehatan wilayah setempat, Sabtu. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak mengatakan, pada Sabtu (2/5) telah terjadi penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif sebanyak delapan belas kasus.

Baca juga: Positif COVID-19 di Kaltim 136 Kasus

Penambahan jumlah kasus tersebut, tersebar di sejumlah wilayah di Kaltim, dan kasus penambahan terbanyak berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan tambahan sepuluh kasus.

"Ada penambahan delapan kasus tersebar di empat wilayah yakni Kutai Kartanegara dengan sepuluh kasus, Samarinda dengan enam kasus, Kutai Timur dan Kutai Barat masing-masing satu kasus," beber Andi Muhammad Ishak melalui siaran pres menggunakan aplikasi zoom, Sabtu.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu menegaskan bahwa tambahan kasus positif tersebut masih didominasi oleh kluster ijtima ulama di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Positif COVID-19 Kaltim Menjadi 134 Kasus

Bahkan, khususnya di wilayah Kukar, kluster Gowa ini sudah teridentifikasi menularkan ke masyarakat lokal (transmisi lokal) yang ditengarai terjadi di Kecamatan Muara Badak.

"Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan karena sejumlah kasus mulai ada penyebaran transmisi lokal, tetap patuhi imbauan pemerintah, dan segera periksa ke tim medis bila terjadi gangguan kesehatan," jelasnya.

Baca juga: Positif COVID-19 Kaltim jadi 115 orang

Andi Ishak menambahkan bahwa penambahan enam kasus positif di Samarinda, lima diantaranya merupakan kluster Gowa, dan hanya satu orang yang diketahui punya riwayat perjalan ke Kota Surabaya, Jawa Timur.

Sedangkan tambahan satu kasus di Kutim dan Kukar, juga teridentifikasi dalam kluster Gowa.

"Update hari ini Sabtu (5/2) jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 154 kasus, 140 orang masih menjalani peratawan di Rumah Sakit, 13 orang dinyatakan sembuh, dan satu orang dinyatakan meninggal dunia," tegasnya.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 Kaltim bertambah 2 menjadi 107 orang

 

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020