Jakarta (ANTARA) - RM, pemimpin grup K-Pop Bangtan Sonyeondan (BTS) membocorkan sedikit mengenai single kolaborasi rekannya, Suga bersama penyanyi IU berjudul "Eight" yang akan dirilis pada 6 Mei mendatang.

Dia, seperti dilansir Soompi mengatakan lagu itu cocok didengarkan saat berkendara. RM mengaku menyukai lagu itu dan dia berpikir banyak orang juga akan menyukainya.

"Aku sudah mendengarnya! Sangat bagus. Lagu yang cocok didengarkan saat mengemudi. Aku tidak memiliki SIM, tetapi begitu aku mendengarnya, kupikir ini lagu untuk mengemudi yang sempurna. Aku pikir banyak orang akan mendengarkannya untuk waktu yang lama," kata dia dalam acara radio Suga "DJ Suga's Honey FM 06.13" pada Sabtu (2/5) waktu Korea Selatan.

Suga menuturkan, produksi single "Eight" berjalan lancar dan dia menciptakan irama serta melodi begitu cepat.

“Aku suka. Proses produksinya sangat lancar. Aku menulis irama dan melodi datang dengan cepat setelah itu. Setelahnya, aku banyak mendengarkannya. Setelah selesai mengerjakan lagu, setelah dirilis, aku biasanya tidak mendengarkannya lagi. Saat itu aku pikir lagu itu milik para pendengar," tutur dia.

Sebelumnya, IU membagikan sedikit bocoran single kolaborasinya bersama Suga, melalui sebuah video berdurasi sekitar 20 detik. Dalam video itu tampak sebuah mesin recorder film dan suara IU-pun mengalun.

Suga juga berbicara tentang rencana mixtape-nya. Dia sebelumnya merilis mixtape pertamanya "Agust D" di SoundCloud pada 2016.

"(Mixtape kedua) akan keluar ketika sudah selesai. Aku sedang mengerjakannya. Jika harus berbicara sedikit tentang proses di balik layar, itu seharusnya keluar September lalu. Tetapi ketika aku mendengarnya, aku tidak puas. Aku membuatnya lagi. Jangan terburu-buru untuk itu," kata dia.

RM menambahkan, “Mixtape tertunda karena berbagai faktor, termasuk faktor eksternal dan kepuasan pribadi Suga. Dari perspektif hasil, aku mengantisipasi hasilnya akan lebih dekat ke sempurna".

Suga berkata, "Aku tidak bisa mengatakan hasilnya akan sempurna, tapi aku melakukan yang terbaik. Tanggal rilis tidak akan segera. Jika kalian menunggu, aku akan menunjukkan musik yang bagus.".

Pada akhir sesi bincang, RM dan Suga berjanji menghadirkan konten musik yang lebih banyak di masa mendatang.

Baru-baru ini, BTS berbagi proses perencanaan di balik album mendatang mereka melalui inisiatif #StayConnected mereka.

Baca juga: "Comeback", IU berkolaborasi dengan Suga BTS

Baca juga: Di balik kualitas vokal tingkat tinggi Jin BTS hingga Kang Daniel

Baca juga: IU disebut akan isi "soundtrack" K-drama "Crash Landing on You"

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020