Hari Pers Sedunia, ini sederet film menarik tentang jurnalistik

Oleh Arnidhya Nur Zhafira

Hari Pers Sedunia, ini sederet film menarik tentang jurnalistik

Cuplikan film "Spotlight" (2015). (IMDB)

Jakarta (ANTARA) - Hari ini, tanggal 3 Mei diperingati sebagai Hari Pers Sedunia atau World Press Freedom Day, yang ditujukan untuk merayakan prinsip-prinsip dasar kebebasan pers dan mempertahankan hak tersebut, serta sebagai penghormatan kepada jurnalis yang telah kehilangan nyawa mereka dalam menjalankan tugas. 

Seiring berjalannya waktu, pergerakan ini tak hanya dicurahkan melalui tulisan hingga aksi di jalan, melainkan juga ke dalam bentuk lain, tak terkecuali film.

Berikut sejumlah film yang menyoroti perjuangan, kehidupan, dan kebebasan pers yang cocok untuk ditonton pada Hari Pers Sedunia.

"All the President's Men" (1976)
Cuplikan film "All President's Men" (1976). (IMDB)


"All the President's Men" mengisahkan skandal Watergate, yang menjatuhkan presiden Richard M. Nixon. Disutradarai oleh Alan J. Pakula dengan skenario oleh William Goldman, film ini didasarkan pada buku non-fiksi karya Carl Bernstein dan Bob Woodward yang rilis di tahun 1974 dengan judul sama.

Bernstein (Robert Redford) dan Woodward (Dustin Hoffman) sendiri merupakan dua jurnalis yang menyelidiki skandal Watergate untuk The Washington Post.

"The Insider" (1999)
Cuplikan film "The Insider" (1999). (IMDB)


"The Insider", yang disutradarai oleh Michael Mann, diadaptasi dari artikel Vanity Fair yang ditulis oleh Marie Brenner berjudul "The Man Who Knew Too Much".

Film ini dibintangi oleh Al Pacino dan Russell Crowe, dengan aktor pendukung termasuk Christopher Plummer, Bruce McGill, Diane Venora dan Michael Gambon, dan dinominasikan untuk tujuh Academy Awards, termasuk Film Terbaik dan Aktor Terbaik dalam Peran Utama (untuk Russell Crowe).

Baca juga: "Deep Throat" Bangga Berperan Dalam Skandal "Watergate"

Baca juga: Editor legendaris skandal "Watergate" meninggal dunia

Oleh Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar