Jakarta (ANTARA) - Sineas Wes Anderson membagi animasi storyboard berdurasi 25 menit yang ia narasikan sendiri untuk film ikonis "The Grand Budapest Hotel" (2014) di The Criterion Collection.

Dilansir Indie Wire, Minggu, terdapat enam urutan storyboard animasi: "Pendahuluan," "Washer Woman," "Killing of Kovacs," "Prison Escape," "Gabelmeister's Peak," dan "Hotel Show-Down."

Animasi storyboard ini menghidupkan awal dari "The Grand Budapest Hotel" melalui grafis yang digambar tangan Anderson dan memberikan pandangan awal tentang bagaimana sang pembuat film membayangkan berbagai pengambilan gambar dan gerakan kameranya.

"The Grand Budapest Hotel" dirilis pada Maret 2014 oleh Searchlight Pictures dan menjadi film terlaris di dunia dengan keuntungan 172,9 juta dolar AS.

Baca juga: Michael Keaton sabet anugerah Critics Choice

Baca juga: "The Grand Budapest Hotel" pimpin nominasi BAFTA


Film ini mendapatkan sembilan nominasi Academy Award, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. "Grand Budapest" memenangkan Oscar untuk Skor Asli Terbaik, Desain Produksi Terbaik, Rias Wajah dan Tata Kecantikan Rambut Terbaik, dan Desain Kostum Terbaik.

Film bertabur bintang ini dibintangi oleh Ralph Fiennes, Tilda Swinton, Bill Murray, Owen Wilson, Jeff Goldblum, Willem Dafoe, Saoirse Ronan, dan aktor pendatang baru Tony Revolori.

Selain storyboard animasi, rilis Criterion mencakup dokumenter baru di belakang layar tentang pembuatan film, esai video tentang proyek dari kritikus Matt Zoller Seitz, David Bordwell, dan dua esai baru oleh kritikus film Richard Brody.

Debut Criterion "Grand Budapest" tiba sebelum perilisan proyek film Anderson selanjutnya, "The French Dispatch."

Searchlight sekali lagi menangani distribusi dan mendorong kembali pembukaan teater film dari Juli hingga 16 Oktober.
Beberapa aktor dalam ansambel "Grand Budapest" bersatu kembali dengan Anderson untuk "The French Dispatch," yang merupakan proyek antologi pertama Anderson.

Film ini menghidupkan tiga artikel berita yang ditulis oleh majalah berita fiksi Amerika yang ditempatkan di Prancis.

Baca juga: Film "The French Dispatch" tunda tanggal rilisnya

Baca juga: Cuplikan "The French Dispatch" tampilkan jurnalis ala Wes Anderson

Baca juga: "The Grand Budapest Hotel" raih Golden Globe

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020