Medan (ANTARA) - Polres Jajaran Polda Sumatera Utara gencar melakukan pembubaran warga masyarakat yang berkumpul di warung dan cafe di Sumut sebagai upaya pencegahan COVID-19, menjalankan maklumat Kapolri, dan tidak ikut anjuran Protokol Kesehatan.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan, di Medan, Minggu mengatakan hal ini dilakukan Polres jajaran Polda, juga sebagai Bentuk Pelaksanaan Operasi Aman Nusa II Toba 2020.

Ia menyebutkan, polres jajaran Polda Sumut tidak hanya memberikan imbauan tentang bahaya penularan COVID-19, tetapi juga turut mengedukasi masyarakat tata cara pencegahan Virus Corona dengan mengikuti anjuran Protokol Kesehatan.

Seperti yang dilakukan Polres Sibolga bersama aparat gabungan TNI dan Polri turut memberikan imbauan, serta pembubaran kepada masyarakat yang masih berkumpul, dan berada di luar rumah melakukan hal-hal yang tidak penting.

"Selain itu, Kapolres Binjai bersama tim gabungan dan Pemerintah Kota Binjai ikut turun langsung memberikan imbauan kepada warga pemilik warung dan cafe yang berjualan, namun tidak menerapkan anjuran Protokol Kesehatan dan maklumat Kapolri," ujarnya.

Tatan menambahkan, sedangkan kegiatan pencegahan COVID-19 yang dilakukan Polres Pakpak Bharat dengan melakukan pengecekan di Pos Pam, check point untuk melakukan pengawasan dan peninjauan kendaraan yang ke luar,serta tanpa adanya kepentingan.

Kemudian Polres Tapanuli Selatan yaitu melakukan himbauan di warung tuak yang masih beroperasi tanpa menerapkan anjuran Protokol Kesehatan.

Polres jajaran Polda Sumut tetap rutin melakukan himbauan dan pembubaran guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya COVID-19.

Polres Jajaran Polda Sumut tidak akan pernah bosan dan terus melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan sesuai dengan arahan Kapolda Sumut untuk meminimalisir jatuhnya korban akibat penularan COVID-19.

"Karena mencegah akan lebih baik dari pada mengobati penyakit yang belum ada obatnya tersebut," kata mantan Wakapolrestabes Medan itu.

Baca juga: Pemprov Sumut bentuk tim khusus antisipasi Covid-19

Baca juga: Kapolda Sumut ajak masyarakat indahkan imbauan pemerintah

Baca juga: Gubernur Sumut minta warga untuk tetap berada di rumah

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020