Satu lagi pasien positif COVID-19 di Kotawaringin Timur sembuh

Satu lagi pasien positif COVID-19 di Kotawaringin Timur  sembuh

Tim dari Labkesda Kotawaringin Timur membersihkan alat pelindung diri yang mereka kenakan dengan desinfektan usai melakukan rapid test, belum lama ini. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kabar gembira dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, yakni seorang pasien positif COVID-19 yang dirawat di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit dinyatakan sembuh.

"Alhamdulillah. Hari ini sembuh satu pasien rawat positif COVID-19. Atas nama Pasien 05," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur (Kotim) Multazam saat dikonfirmasi di Sampit, Minggu.

Baca juga: Di Kotawaringin Timur-Kalteng, positif COVID-19 naik jadi 14 orang

Sembuhnya pasien 05 ini membuat jumlah pasien positif COVID-19 di Kotawaringin Timur yang berhasil sembuh menjadi dua orang. Sebelumnya pada 19 April lalu Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur mengumumkan satu orang penderita COVID-19 berhasil sembuh, yakni pasien 03.

Hingga saat ini jumlah pasien positif COVID-19 di Kotawaringin Timur 16 orang, terdiri dari 12 orang masih dirawat di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit, dua orang berhasil sembuh dan dua orang meninggal dunia. Sementara itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) berkurang satu orang menjadi 33 orang, sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) nihil.

Bertambahnya pasien sembuh ini menjadi energi positif dalam penanganan COVID-19 di Kotawaringin Timur. Bagi pasien positif COVID-19 lainnya, kabar kesembuhan seorang pasien ini memberi semangat bagi mereka agar bisa sembuh juga.

Semangat dan motivasi sangat penting bagi pasien agar mereka terus termotivasi untuk sembuh. Hal itu diyakini akan sangat membantu upaya tim medis dalam mengobati agar pasien segera sembuh.

Baca juga: Penanganan pasien "suspect" corona disiapkan di Kotawaringin Timur

"Nanti akan disampaikan secara rinci riwayat pasien yang sembuh ini. Kami akan koordinasikan," ujar Multazam.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur dr Faisal Novendra Cahyanto mengabarkan perkembangan. Saat itu ada dua orang pasien yang hasil pemeriksaan swab menunjukkan hasil negatif, namun tim medis melakukan pemeriksaan swab kedua untuk memastikan hasilnya.

"Kita berharap kasus baru tidak terjadi lagi dan pasien-pasien positif yang ada bisa disembuhkan. Tim medis berupaya keras menangani  para pasien agar segera sembuh," kata Faisal.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur berharap semakin banyak pasien positif COVID-19 bisa sembuh dan penularan virus mematikan itu bisa dihentikan.

Baca juga: Kotim dapat sumbangan tiga ventilator untuk penanganan pasien COVID-19

Faisal meminta kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah jika memang tidak ada kepentingan yang benar-benar mendesak untuk ke luar rumah. Jika pun harus ke luar rumah, disarankan menggunakan masker, melakukan 'social distancing', serta selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Pemerintah sangat mengharapkan kerja sama masyarakat karena pengendalian COVID-19 ini membutuhkan dukungan semua pihak. Dia berharap tidak terjadi lagi peningkatan kasus dan pasien yang sedang dirawat bisa disembuhkan.

Masyarakat diharapkan menjalankan anjuran pemerintah, seperti tidak ke luar rumah, menggunakan masker jika terpaksa beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik, makan makanan bergizi, serta berolahraga dan beristirahat teratur.

Pewarta: Kasriadi/Norjani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Masih buka hingga malam, 2 pasar di Sampit dibubarkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar