Ibu itu menolak waktu kami mau bawa ke rumah sakit
Pekanbaru (ANTARA) - Aiptu Zamhur, anggota Polsek Pekanbaru Kota di Pekanbaru, Riau membantu menyelamatkan nyawa seorang ibu yang berjuang sendirian melahirkan seorang bayi mungil di emperan pertokoan.

Polisi yang kesehariannya bertugas di Unit Reskrim Polsek Pekanbaru Kota tersebut, bersama pihak rumah sakit dan bidan membantu seorang wanita yang melahirkan sendiri, di emperan ruko deretan Hotel Sabrina, Jalan Tuanku Tambuasai, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Berkat kesigapan Aiptu Zamhur yang langsung membawa pihak RS Tabrani ke lokasi, perempuan bernama Sandi Boru Nababan (26) beserta bayinya dapat selamat.

Saat itu, Aiptu Zamhur bersama personel polisi lainnya bertugas di Pos Gurindam 2 untuk menjaga penutupan Jalan Sudirman dan HR Soebrantas dalam rangka pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Pekanbaru, Minggu, sekitar pukul 10.00 WIB.

Saat sedang melaksanakan tugasnya, Aiptu Zamhur tiba-tiba didatangi seorang warga yang melaporkan seorang perempuan telah melahirkan sendiri, di dekat Hotel Sabrina, Jalan Tuanku Tambuasai, Pekanbaru.

"Mendengar laporan warga itu, selanjutnya kami yang berada di pos langsung bergegas melaporkan ke rumah sakit terdekat, yaitu RS Tabrani sambil langsung ke TKP menggunakan ambulans," kata Aiptu Zamhur kepada wartawan.
Baca juga: Bidan: Banyak perempuan Galugua melahirkan dalam perjalanan


Di TKP, lanjut Zamhur, ibu dan bayi selamat, namun sang ibu terlihat pucat dan lemas usai persalinan yang dilakukannya sendiri, namun ibu itu tidak mau dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan medis.

"Ibu itu menolak waktu kami mau bawa ke rumah sakit, walau pun bersama perawat sudah membujuk rayunya," ujar Zamhur.

Mendapati kondisi itu, Aiptu Zamhur kemudian meminta kepada warga sekitar untuk mencari bidan dan membawanya ke lokasi kejadian.

Belakangan diketahui, ibu yang melahirkan sendiri itu bernama Sandi Nababan (26), warga asal Dumai dengan alamat sementara di Jalan Dagang Gg Persahabatan, Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru.

Kapolresta Pekanbaru Kombes H Nandang Mu'min Wijaya juga membenarkan penyelamatan ibu dan bayinya tersebut, dan ini merupakan bagian dari tugas dan pelayanan polisi kepada masyarakat.

Pewarta: Anggi Romadhoni
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020