Rio De Janeiro (ANTARA) -
Kementerian Kesehatan Brazil melaporkan 4.588 kasus baru virus corona dan 275 kematian selama 24 jam terakhir, sehingga total kasus yang dikonfirmasi menjadi lebih dari 100.000.

Saat ini sebanyak 101.147 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi dan 7.025 kematian.

Jumlah kasus meningkat sekitar 5 persen pada hari Minggu dari hari sebelumnya, sementara kematian meningkat sekitar 4 persen, kata kementerian.

Baca juga: Bolsonaro ingin buka perbatasan Brazil, sebut risikonya sepadan

Sebelumnya, Presiden Brazil Jair Bolsonaro memecat menteri kesehatannya  setelah berselisih dengannya tentang bagaimana cara memerangi virus corona baru, dan sekali lagi menyerukan negara- bagian untuk mengakhiri perintah tetap di rumah yang katanya merugikan perekonomian.

Beberapa pemimpin global telah melakukan lebih dari Bolsonaro untuk mengecilkan pandemi, yang telah menewaskan hampir 2.000 orang di Brazil. Dia menyebut virus itu "flu ringan" dan mengkritik gubernur negara bagian karena memaksakan pembatasan yang didukung oleh para ahli kesehatan dan menteri yang sedang populer, Luiz Henrique Mandetta.

Dalam pidato yang disiarkan televisi yang disambut dengan protes keras memukul panci di beberapa kota besar, Bolsonaro mengatakan Mandetta tidak sepenuhnya menghargai perlunya melindungi pekerjaan dan dia menyerukan dimulainya kembali bisnis di Brazil, ekonomi terbesar di Amerika Latin.

"Kita harus kembali normal, tidak secepat mungkin, tetapi kita harus mulai memiliki fleksibilitas," kata Bolsonaro. Pemerintah tidak dapat memberikan bantuan darurat untuk orang miskin lebih lama lagi, katanya.

Perselisihan di tingkat tertinggi politik Brazil itu terjadi bertepatan dengan beberapa negara berdebat kapan dan bagaimana kehidupan harus mulai kembali normal setelah penguncian virus corona, yang diperkirakan akan mendorong ekonomi global ke dalam resesi.

Sumber : Reuters

Baca juga: Khawatir COVID-19, tahanan sekap tujuh sipir di Brazil
Baca juga: 'Menteri super' mundur, Presiden Brazil terpukul

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020