Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Institut Musik Jalanan (IMJ) akan menggelar kegiatan "Ngamen Dari Rumah" dengan Tema Ngabuburit di Rumah Aja yang memfasilitasi 200 musisi jalanan terdampak COVID-19 untuk tampil di panggung online.

"Pandemi COVID-19 memberikan dampak besar pada hampir semua pekerja di bidang kreatif. Salah satu subsektor kreatif yang terdampak adalah para pekerja seni yang kehilangan pekerjaan," ujar Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Josua Simanjuntak dalam pernyataannya di Jakarta, Senin.

Pihaknya memberikan apresiasi khusus dan kesempatan bagi 200 musisi jalanan dengan kriteria di antaranya musisi jalanan yang memiliki disabilitas, berusia lanjut, memiliki keluarga muda serta perantau yang paling terdampak imbas COVID-19 agar tetap dapat eksis, produktif dan mendapat penghasilan selama masa pandemi, khususnya di bulan Ramadhan.

Baca juga: "Satu Jalan", kolaborasi Dewa Budjana dan 14 musisi untuk lawan corona

Sementara itu Plt. Direktur Industri Kreatif Musik, Seni Pertunjukan dan Penerbitan Kemenparekraf, Mohammad Amin menjelaskan, video kreatif hasil dari 200 musisi jalanan tersebut akan ditayangkan di akun sosial media Kemenparekraf (Instagram, Facebook dan YouTube).

Selain itu beberapa musisi jalanan yang terkurasi akan tampil secara live online di Instagram pada 14 - 22 Mei dan 28 – 30 Mei 2020 pada pukul 15.30-17.30 WIB.

“Selain ngamen online, akan ada kuliah musik online bersama ‘public figure’ di bidang musik, seperti kelas musik yang biasa dilakukan secara offline di Institut Musik Jalanan. Siapa saja dosennya, tunggu info selanjutnya,” ujar Andi Malewa, Ketua Institut Musik Jalanan.

Baca juga: Virus corona dan kreativitas musisi Indonesia

Ia menjanjikan kegiatan ini akan sangat menarik untuk mengisi waktu kala menjelang berbuka puasa dan bagi masyarakat selain dapat menikmati hiburan dari para musisi.

“Masyarakat juga dapat memberikan apresiasi melalui QR Code dan kegiatan ini akan memberikan ruang bagi musisi-musisi jalanan berbakat untuk mendapat apresiasi yang lebih luas dari masyarakat Indonesia,” kata Josua Simanjuntak.

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020