Shanghai (ANTARA) - China merilis film animasi pendek berjudul "Once Upon a Virus" yang mengejek respons Amerika Serikat (AS) terhadap virus corona baru menggunakan tokoh-tokoh mirip lego untuk mewakili kedua negara.

Washington dan Beijing terlibat dalam perang kata-kata tentang asal-usul virus yang muncul di Kota Wuhan, China, pada akhir tahun lalu dan telah menyebar hingga menjadi pandemi global.

Presiden AS Donald Trump menyatakan keyakinannya bahwa virus corona mungkin berasal dari laboratorium virologi China, namun ia menolak menjelaskan buktinya.

Dalam animasi yang diunggah secara daring oleh kantor berita resmi China, Xinhua, tirai merah terbuka dan menampilkan sebuah panggung yang menampilkan tokoh-tokoh seperti lego dalam bentuk seorang prajurit terakota mengenakan topeng wajah dan Patung Liberty.

"Kami menemukan virus baru," kata prajurit itu.

"Terus?" jawab Patung Liberty. "Itu hanya flu."

Ketika prajurit mengeluarkan peringatan tentang virus dan menyebut tonggak sejarah yang suram dalam wabah China, Patung Liberty menjawab dengan acuh tak acuh dengan konferensi pers Trump di mana ia meremehkan penyakit itu.

"Apakah kamu mendengarkan dirimu sendiri?" Tanya prajurit itu ketika patung itu mulai memerah karena demam dan dipasangi infus.

"Kami selalu benar, meskipun kami bertentangan dengan diri kami sendiri," jawab patung itu.

"Itulah yang saya sukai tentang Anda orang Amerika, konsistensi Anda," kata prajurit itu.

Sejak dirilis 29 April di saluran YouTube resmi Xinhua, New China TV, video tersebut telah ditonton lebih dari 960.000 kali dan di-retweet oleh beberapa diplomat China.

Baik YouTube dan Twitter diblokir di China, meskipun diplomat China telah semakin banyak menggunakan media sosial global untuk menyiarkan pesan mereka.

AS menuduh China menyesatkan dunia tentang parahnya wabah itu, dan ada seruan yang semakin meningkat untuk penyelidikan internasional tentang asal-usul virus tersebut.

Reaksi media sosial terhadap video itu beragam.

Pengguna Twitter "masood mortazavi" setuju dengan pesan dalam video itu, dengan mengatakan "kebodohan AS sudah tidak lagi mengagetkan."

Tetapi beberapa komentar datang dengan tagar "ChinaLiedPeopleDied" atau menunjukkan Presiden China Xi Jinping dalam berbagai visual yang berhubungan dengan virus. Sejumlah orang lain menghubungkannya dengan Partai Komunis Tiongkok (PKC).

"Propaganda yang cerdik. Mana bagian saat PKC menutupi fakta dan secara terbuka mempermalukan seorang dokter pahlawan yang kemudian meninggal?" kata pengguna Twitter "AC".

Selain menyiarkan klip video berita berbahasa Inggris Xinhua, New China TV sebelumnya juga mengunggah video publisitas seperti salah satu anak dari berbagai etnis yang menyanyikan pujian Inisiatif Sabuk dan Jalan China.

Sementara itu, Lego, perusahaan mainan yang berbasis di Denmark, mengatakan tidak terlibat dalam animasi buatan China itu.

Sumber: Reuters
Baca juga: Menlu AS: Ada bukti "signifikan" virus corona berasal dari lab China
Baca juga: Trump salahkan China atas penyebaran virus corona
Baca juga: Menlu AS desak China transparan soal virus corona

 

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020