Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan tidak ada penambahan pasien  positif COVID-19 pada Senin ini sehingga secara keseluruhan kasus positif tetap sebanyak 115 orang.

"Hari ini tanggal 4 Mei 2020 tidak ada kasus positif, sehingga total kasus positif COVID-19 di DIY tidak ada penambahan, tetap 115 kasus," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, saat ini evaluasi terus dilakukan pada kasus positif yang ada. Kasus positif, menurut dia, harus secara berkelanjutan dilakukan pemeriksaan laboratorium sampai memberikan hasil dua kali negatif secara berturut-turut.

Selain itu, menurut Berty, saat ini juga tidak ada laporan pasien dalam pengawasan (PDP) di DIY yang meninggal dunia.

Baca juga: Total 48 pasien sembuh dari COVID-19 di DIY

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di DIY bertambah menjadi 104 kasus


Sementara itu, berdasarkan laporan dari rumah sakit rujukan, ia mengatakan ada penambahan satu kasus pasien yang sembuh dari COVID-19 yakni pasien kasus 66 berusia 71 tahun, laki-laki asal Sleman.

Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) DIY Irene memastikan bahwa hingga saat ini senyawa kimia reagen (viral RNA ekstraksi maupun primer) untuk pengujian COVID-19 tersedia dalam jumlah yang cukup di laboratorium.

Pemda DIY mencatat total orang dalam pemantauan (ODP) di DIY hingga Senin mencapai 4.897 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah uji swab sebanyak 920 orang.

Dari jumlah PDP tersebut, 699 orang di antaranya dinyatakan negatif corona, 115 orang positif di mana 50 orang di antaranya sembuh, dan tujuh meninggal, sedangkan yang masih menunggu hasil 106 orang dengan tujuh di antaranya telah meninggal.*

Baca juga: Di DIY, pasien sembuh dari COVID-19 bertambah jadi 43 orang

Baca juga: Di Gunung Kidul-DIY positif COVID-19 jadi enam, ada warga tak jujur

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020