Los Angeles (ANTARA News/Reuters) - Sejumlah nama kondang dalam musik pop, dari penyanyi Mariah Carey dan Stevie Wonder sampai pendiri studio rekaman Motown, Berry Gordy, akan ambil bagian dalam upacara penghormatan terakhir Michael Jackson, Selasa pagi (Rabu dini hari WIIB), demikian keterangan keluarga Jackson.

Dalam keterangan resminya mengenai upacara penghormatan terakhir di stadion Staples Center di pusat kota Los Angeles, Keluarga Jackson mengungkapkan bahwa penyanyi Usher dan Lionel Richie, pemimpn hak-hak sipil Al Sharpton, Martin Luther King III, dan dua bintang basket terkenal Magic Johnson dan Kobe Bryant, juga akan menjadi diantara peserta acara yang datang.

Pernyataan dari keluarga menyebutkan daftar selebritis itu baru pendahuluan dan masih akan berubah, namun belum ada informasi lebih jauh mengenai program acara itu.

Belum jelas apakah para penyanyi seperti Mariah Carey dan Stevie Wonder akan tampil menyanyi dalam upacara yang diperkirakan berlangsung selama dua jam itu.

Sementara itu para pengacara mantan istri Michael, Debbie Rowe, menyatakan Debbie telah memutuskan untuk tidak menghadiri upacara itu karena kehadirannya akan menciptakan kekacauan yang tidak perlu.

Rowe sendiri belum memutuskan apakah akan menghadapi Keluarga Jackson untuk mendapatkan hak perwalian ketiga anak Michael.

Sementara aktris Elizabeth Taylor, salah seorang dari teman terdekat Michael Jackson, dikabarkan juga tidak akan menghadiri acara itu.

Dalam pesannya melalui jejaring sosial Twitter, Senin, Taylor mengaku telah diminta untuk berorasi namun dia menolak.

"Saya tak bisa menjadi bagian dari pesta pora itu. Dan saya tidak bisa menjamin saya bakal berkata bertautan (dengan suasana duka). Saya hanya tidak percaya Michael menginginkan saya untuk berbagi duka dengan jutaan orang lainnya," tulisnya dalam Twitter.

Manakala sekitar 18.000 orang memutuskan untuk mengikuti upacara penghormatan terakhir, polisi memperkirakan ratusan ribu penggemar untuk berkumpul di area itu. Para pejabat memperkirakan, untuk mengamankan acara ini setidaknya membutuhkan 2,5 juta dolar AS.

Sekitar 1,6 juta orang terdaftar dalam daftar 8.750 orang yang akan mendapatkan dua tiket gratis untuk mengikuti acara itu.

Sejumlah penggemar yang sukses mengantri hari Senin lalu mengumpulkan tiket, kendati beberapa diantaranya berupaya menjual kembali tiket yang didapatnya melalui situs-situs seperti eBay dan Craigslist.

Kedua situs itu dengan cepat mengesampikan daftar tawaran karena meminta harga di atas 10.000 dolar AS.

Penyanyi "Thriller" yang meninggal pada 25 Juni karena serangan jantung pada usia ke-50 ini diperkirakan dikuburkan melalui upacara pemakaman khusus di Los Angeles, Selasa pagi, mendahului upacara penghormatan terakhirnya.

Sementara itu, di saat keluarga dan para pengacara membereskan persoalan bisnis dan pribadi Michael, seorang hakim di Los Angeles mencabut hak waris sementara harta Michael dari sang ibu, Katherine Jackson, dan mengalihkannnya kepada dua orang yang disebut eksekutif dalam surat wasiat yang ditulis tahun 2002.

Katherine Jackson (79) telah memenangkan perwarisan sementara untuk harta warisan anaknya minggu lalu sebelum kemudian ditetapkan permanen.

Namun Hakim pada Pengadilan Tinggi Los Angeles, Mitchell Beckloff, menyatakan hukum telah memutuskan untuk mengalihkan pengelolaan hak waris itu kepada pengacara John Branca dan eksekutif industri musik John McClain.

Beckloff berencana menggelar sidang dengar pendapat pada 3 Agustus nanti seraya mengatakan Branca dan McClain mesti menjamin Katherine Jackson mematuhi keputusan pengadilan ini.

Dalam surat wasiat tahun 2002, Michael Jackson mewariskan seluruh harta kekayaannya yang dinilai lebih dari 500 juta dolar AS kepada tiga anaknya, ibunya dan beberapa yayasan.

"Kami menyambut keputusan Hakim Beckloff pagi ini. Hakim telah mengambil langkah yang tidak biasa dengan mensyaratkan Ny. Jackson terus melaporkan pengelolaan harta warisan Michael selama fase awal ini," kata Burt Levitch, pengacara Katherine Jackson.

Sidang terpisah dengan agenda perwalian anak-anak Michael Jackson, ditunda sampai 13 Juli. Dalm soal ini, Katherine Jackson telah ditunjuk menjadi wali sementara Prince Michael Jackson Jr. (12), Paris Michael Katherine Jackson (11), dan Prince Michael Joseph Jackson II (7).

Pengacara Branca dan McClain menyatakan bahwa mereka akan menuruti keinginan sang bintang pop dan memaksimalisasi nilai harta warisannya.

Nilai warisan Michael masih terus dibahas, kendati dalam surat wasiat tahun 2002 disebutkan nilanya lebih dari 500 juta dolar AS, namun sang biduan dilaporkan memiliki utang sebanyak 500 juta dolar AS.

Michael Jackson memiliki satu setengah bagian Sony-ATV, yang mengendalikan katalog musik termasuk lagu-lagu The Beatles yang ditaksir bernilai 1 miliar dolar AS.

Jackson juga memiliki sebuah perusahaan yang menguasai hak cipta musik atas lagu yang direkamnya selama karir solonya yang nilainya diperkirakan terus bertambah dari waktu ke waktu. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009